Ucapan Sumpah Pemuda dalam Ejaan Lama dan Ejaan yang Disempurnakan LENGKAP

- 6 Februari 2021, 12:19 WIB
Isi Ikrar Sumpah Pemuda
Isi Ikrar Sumpah Pemuda /pixabay/ Jorono

BERITA DIY – Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda dilatarbelakangi oleh peristiwa Konggres Pemuda Kedua yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Konggres ini digagas oleh Persatuan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh beberapa orgnisasi pemuda yang saat itu ada seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks, dan lain sebagainya.

Beberapa tokoh yang memiliki peran penting dalam Konggres Pemuda ini adalah Seogondo Djojopoespito yang bertugas memimpin jalannya Konngres, Mohammad Yamin yang bertugas sebagai sekretaris Konggres, pencetus konggres dan perumus isi teks Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Resmi Dapat Izin Edar, Produksi Massal Batch I GeNose C19 Pendeteksi Covid 19 Buatan UGM Diserahkan ke BIN

Selanjutnya ada Wage Rodolf Soepratman yang telah memainkan lagu Indonesia Raya dengan biolanya. Ia jug bertindak sebagai bendahara Konggres. Sementara itu, gedung tempat berlangsungnya Konggres adalah milih Sie Kong Liong yang berlokasi di Jalan Kramat Raya nomor 109 Jakarta.

Pada Konggres Pemuda Kedua pada 28 Oktober 1928 tersebut dicetuslah hasil keputusan konggres yang disebut dnegan Sumpah Pemuda.

Berikut Ucapan Sumpah Pemuda Asli atau ejaan lama:

PERTAMA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA,
MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,
TANAH INDONESIA.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x