Amalan Rabiul Awal per 8 Oktober 2021 yang Bisa Dikerjakan Umat Islam: Maulid Nabi Muhammad SAW

- 5 Oktober 2021, 17:30 WIB
ILUSTRASI - Amalan-amalan selain Maulid Nabi yang bisa dikerjakan di Rabiul Awal 1443 Hijriah dalam Kalender Islam yang akan dimulai pada 8 Oktober 2021.
ILUSTRASI - Amalan-amalan selain Maulid Nabi yang bisa dikerjakan di Rabiul Awal 1443 Hijriah dalam Kalender Islam yang akan dimulai pada 8 Oktober 2021. /PEXELS/Michael Burrows

BERITA DIY - Tanggal 1 Rabiul Awal 1443 Hijriah dalam Kalender Islam akan masuk di 8 Oktober 2021. Berikut amalan yang bisa dikerjakan oleh umat muslim.

Rabiul Awal adalah bulan yang istimewa oleh umat Islam. Salah satunya karena menjadi waktu di mana kelahiran dan wafat Nabi Muhammad SAW.

Rabiul Awal sendiri adalah bulan ketiga dalam tahun Hijriah. Berasal dari kata rabi yang artinya menetap dan awal yang berarti pertama.

Baca Juga: Mengenal Amalan Rebo Wekasan, Tradisi yang Dilakukan dalam Bulan Safar: Sejarah dan Cara Melaksanakan

Secara istilah, Rabiul Awal berarti seseorang yang sudah meninggalkan rumah atau berkelana, dan pada akhirnya mereka menetap untuk mencari ketentraman.

Dalam bulan Rabiul Awal, akan ada peringatan Maulid Nabi atau hari lahir Nabi Muhammad SAW. Satu tradisi yang akan dirayakan oleh umat Islam.

Tak hanya Maulid Nabi, ada sejumlah amalan yang bisa dirayakan oleh umat Islam. Adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Apa Itu Rebo Wekasan di Bulan Safar 2021: Asal-usul Berasal dari Daerah Mana, Doa, Larangan hingga Amalan

1. Memperbanyak shalawat

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x