Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh Pada Rabu 6 Oktober 2021, Ini Bacaan Doa dan Tata Cara Sholat Lidaf'il Bala

- 5 Oktober 2021, 13:12 WIB
ILUSTRASI: Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh Pada Rabu 6 Oktober 2021, Berikut Bacaan Doa dan Tata Cara Sholat Lidaf'il Bala dan Artinya
ILUSTRASI: Amalan Rebo Wekasan yang Jatuh Pada Rabu 6 Oktober 2021, Berikut Bacaan Doa dan Tata Cara Sholat Lidaf'il Bala dan Artinya /PIXABAY/rudolf_langer

BERITA DIY - Simak amalan rebo wekasan untuk tolak bala, berikut bacaan niat dan tata cara sholat hajat lidaf'il bala.

Rebo Wekasan sendiri merupakan tradisi yang dijalankan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Pada tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada Rabu, 6 Oktober 2021.

Dikuti dari Pergunu Jateng, bentuk tradisi saat Rebo Wekasan yaitu salah tolak bala atau mutlaqoh atau hajat, berdoa dengan doa khusus, hingga selamatan.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan, Rabu Terakhir Bulan Safar 2021! Ini Tata Cara Selamatan Tolak Bala LENGKAP

Asal-usul tradisi Rebo Wekasan ini bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (w.1151 H) dalam kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid, atau biasa disebut: Mujarrobat ad-Dairobi.

Anjuran serupa soal tradisi Rebo Wekasan juga terdapat pada kitab: Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H) bahwasannya Syaikh al Kamil Fariduddin Sakarkanji berkata:

Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir dari bulan Shafar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun.

Baca Juga: Bacaan Doa Lidaf'il Bala dan Artinya, Simak Hukum Amalan Menurut Islam dan Waktu Sholat Rebo Wekasan 2021

Baca Juga: Apa Itu Rebo Wekasan di Bulan Safar 2021: Asal-usul Berasal dari Daerah Mana, Doa, Larangan hingga Amalan

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x