Tahun Baru Islam 2021 dan Amalan yang Dianjurkan di Bulan Muharram

- 29 Juli 2021, 11:50 WIB
Tanggal tahun baru Islam dan amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram
Tanggal tahun baru Islam dan amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Kapan jatuhnya Tahun Baru Islam 1443 Hijriah atau pada 2021 Masehi? dan amalan apa saja yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Muharram? Anda dapat mengetahuinya melalui artikel ini.

Bagi ummat Islam, tahun baru Islam merupakan suatu hal yang penting. Sebab segenap ummat Islam akan memasuki tahun yang baru pada penanggalan hijriah.

Selain itu, tahun baru Islam juga momen yang sangat dinantikan karena pada saat tahun baru inilah terdapat banyak amalan yang dapat dilakukan. Amalan-amalan tersebut juga terus berlanjut hingga bulan Muharram.

Baca Juga: Keutamaan Puasa 10 Muharram dan Dalil dalam Hadits Shahih

Dengan momen tahun baru Islam atau pergantian tahun Hijriah maka ummat Islam telah menutup catatan segala amalan pada tahun yang telah dilalui dan bersiap memasuki tahun yang baru.

Lantas apakah anda telah mengetahui kapan tahun baru Islam 1443 akan jatuh pada tanggal masehi? Amalan apa saja saat tahun baru berlangsung maupun saat masuk bulan Muharram? Berikut akan kami sampaikan.

Momen tahun baru Islam 1443 kali ini bertepatan dengan tanggal Selasa, 10 Agustus 2021. Dalam penanggalan Islam, tahun berganti pada saat terbenamnya matahari, sehingga tahun baru akan terhitung pada Senin, 9 Agustus 2021 petang.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharam: Dapat Menghapus Dosa Tahun Lalu

Pergantian tahun baru Islam bukan hanya dimaknai sebagai pergantian tanggal. Namun tahun baru dimaknai sebagai waktu untuk bermuhasabah atau introspeksi diri bagi ummat Islam.

Selain sebagai momen introspeksi diri, pergantian tahun juga dimaknai sebagai momen bersiap untuk memasuki tahun yang baru.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x