6 Resep dan Cara Membuat Jamu Tradisional Bahan Herbal untuk Jaga Imun Tubuh dari Berbagai Penyakit

- 30 Juni 2021, 20:00 WIB
Enam resep jamu herbal tradisional yang bisa digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19. Ada jahe hingga bawang putih tunggal.
Enam resep jamu herbal tradisional yang bisa digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19. Ada jahe hingga bawang putih tunggal. /PIXABAY/ExplorerBob

BERITA DIY - Berikut enam resep jamu herbal tradisional yang bisa digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh saat pandemi Covid-19. Ada jahe hingga bawang putih tunggal.

Berbagai varian virus corona masih menjadi ancaman bagi manusia. Meminum jamu tradisional dari bahan herbal ini dapat digiatkan sebagai upaya peningkatan imunitas tubuh.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo, melalui Surat Edaran (SE) Nomor: HK.02.02/IV.2243/2020 pun mengkonfirmasi bahwa jamu tradisonal dapat dimanfaatkan sebagai pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Cocok Dikonsumsi Penderita COVID-19

Adapun jamu tradisional berbahan herbal, yakni hasil bumi atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan dan kesehatan terutama bagi manusia.

Berikut enam jamu tradisional berbahan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh berdasarkan surat edaran tertanggal 19 mei 2020 Kemenkes tersebut.

1. Resep jamu berbahan jahe

Bahan:

  • Jahe merah (2 ruas ibu jari);
  • jeruk nipis (1);
  • kayu manis (3 jari);
  • gula merah (secukupnya);
  • dan air (3 cangkir).

Cara membuat:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x