Cara Akses 5G Telkomsel yang Bisa Dicoba: Ini Harga Paket Data Lengkap dan Lokasi Layanan, 100 GB Rp 130 Ribu

- 28 Mei 2021, 15:40 WIB
Ilustrasi layanan jaringan internet seluler 5G Telkomsel yang sudah tersedia di Indonesia.
Ilustrasi layanan jaringan internet seluler 5G Telkomsel yang sudah tersedia di Indonesia. /telkomsel.com

BERITA DIY - Kabar baik! Indonesia saat ini telah memiliki layanan 5G komersial pertama. Hal tersebut terjadi usai operator selular Telkomsel merilis jaringan radio telekomunikasi generasi kelima itu.

Adapun peluncuran layanan 5G mobile oleh Telkomsel itu dilakukan setelah perusahaan memiliki Surat Keterangan Lain Operasi (SKLO) dari Kemenkominfo pada 21 Mei 2021. Pemerintah dan operator sudah 12 kali lakukan uji coba.

Adanya jaringan 5G di Indonesia sendiri harus menjalani langkah yang terbilang sulit. Butuh waktu 7 tahun, atau 2014 setelah memiliki jaringan 4G, tanah air baru bisa memiliki jaringan 5G.

Baca Juga: 10 Fakta Jaringan Internet 5G Telkomsel yang Diluncurkan Hari Ini, Pengguna Bisa Akses dengan Kartu SIM 4G

Untuk sementara, jaringan 5G baru bisa dinikmati di sejumlah daerah di Indonesia, antara lain di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Lebih rinci, area yang akan mendapatkan koneksi 5G yaitu Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Widya Chandra di Jakarta, serta kawasan Alam Sutera dan BSD di Tangerang.

Baca Juga: Sinyal 5G Telkomsel Perlu Ganti SIM Baru atau Tidak? Berapa Harga Paket Data Internet dan Kecepatannya?

Secara bertahap, Telkomsel bakal melakukan uji coba 5G di luar area tersebut, di antaranya ialah Solo, Bandung, Denpasar, Medan, Balikpapan, Makassar, Batam dan Surabaya.

Jaringan 5G menawarkan kecepatan hingga 10 kali lipat dibandingkan jaringan 4G yang ada saat ini dan latensi rendah, untuk menghadirkan pengalaman berinternet yang mulus hingga menjalankan perangkat internet of things, termasuk untuk mengoperasikan mobil otonom.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x