10 Fakta Jaringan Internet 5G Telkomsel yang Diluncurkan Hari Ini, Pengguna Bisa Akses dengan Kartu SIM 4G

- 27 Mei 2021, 16:45 WIB
Ilustrasi layanan jaringan internet seluler 5G Telkomsel yang sudah tersedia di Indonesia.
Ilustrasi layanan jaringan internet seluler 5G Telkomsel yang sudah tersedia di Indonesia. /telkomsel.com

BERITA DIY - Jaringan koneksi internet seluler generasi kelima atau 5GTelkomsel sudah dapat diakses mulai hari ini Kamis, 27 Mei 2021 di 6 wilayah Indonesia pada tahapan awal layananan internet 5G Telkomsel diluncurkan.

Jaringan internet 5G Telkomsel baru dapat diakses untuk 6 wilayah Indonesia meliputi wilayah Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Seiring berkembangnya layanan jaringan internet 5G, banyak kabar-kabar mengenai jaringan internet 5G yang beredar di masyarakat.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Instagram Permanen, Bisa Lewat Situs atau Aplikasi Penghapus Akun dengan Mudah

Artikel ini akan mengulas mengenai fakta-fakta jaringan internet 5G Telkomsel yang harus diketahui sebelum publik berpindah layanan dari jaringan internet 4G ke jaringan internet 5G Telkomsel.

Berikut ini adalah fakta-fakta jaringan internet 5G Telkomsel di Indonesia:

  1. Jaringan internet 5G baru dapat diakses untuk wilayah Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera dan belum diberlakukan untuk wilayah lainnya.
  2. Perluasan wilayah dalam mengakses jaringan internet 5G tidak dilakukan secara serentak di Indonesia menimbang dari aspek manfaat dan ekonomi masing-masing wilayah.
  3. Jaringan internet 5G dapat digunakan dengan kartu SIM 4G.
  4. Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro memastikan bahwa untuk saat ini, penggunaan jaringan 5G tidak perlu dengan mengganti kartu SIM asalkan minimal sudah 4G.
  5. Ponsel yang dapat mengakses jaringan internet 5G harus sudah kompatibel untuk jaringan 5G Telkomsel atau harus dalam rentang pita frekuensi N40 (2.300-2.400 MHz) yang dapat dicek di laman resmi produsen ponsel.
  6. Telkomsel sudah melaksanakan Ujian Layak Operasional (ULO) pada 19-21 Mei lalu sehingga layanan internet 5G Telkomsel sudah dapat diluncurkan hari ini.
  7. Layanan 5G Telkomsel pada rencana yang akan datang bisa dinikmati di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, Balikpapan, dan wilayah-wilayah lainnya secara bertahap.
  8. Layanan internet 5G merupakan bagian dari rencana strategis Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo)sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.
  9. Dalam rencana strategis Kominfo akan fokus meluncurkan layanan jaringan 5G di 13 kota yakni Ibu Kota Jakarta atau DKI Jakarta dan 6 ibu kota Provinsi di Pulau Jawa.
  10. Ponsel atau smartphone keluaran terbaru akan sangat mendukung penggunaan jaringan internet 5G Telkomsel secara maksimal.

Baca Juga: Cara Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis untuk Telkomsel, Tri, dan Indosat dari Kemdikbud Cair Hari ini

Kominfo telah memberikan izin bagi perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia yakni Telkomsel untuk mulai memunculkan layanan 5G bagi masyarakat untuk peningkatan kecepatan internet.

Kominfo telah memberikan Surat Keterangan Layak Operasi (SKLO) 5G kepada Telkomsel sehingga Telkomsel saat ini menjadi operator seluler pertama yang menyediakan layanan 5G di Indonesia.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x