Waspada! Ini Bahaya Gerhana Bulan Total, BMKG Himbau Warga Pesisir Pantai Sebaiknya Hati-Hati

- 26 Mei 2021, 19:08 WIB
Waspada bahaya Gerhana Bulan Total, BMKG ingatkan warga pesisir pantai hati-hati.
Waspada bahaya Gerhana Bulan Total, BMKG ingatkan warga pesisir pantai hati-hati. /Maria Nofianti/Pixabay/bdabney

BERITA DIY - Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon terjadi malam ini, Rabu, 26 Mei 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan salah satu dampak buruk akibat fenomena ini.

Sebagaimana diketahui, terjadinya Gerhana Matahari Total merupakan salah satu peristiwa akibat rotasi dan revolusi bumi dan bulan.

Salah satu dampak terjadinya Gerhana Matahari Total ini adalah kenaikan air laut di atas normal atau yang biasa disebut pasang. Peristiwa ini juga bisa mengakibatkan ternjadinya banjir rob. 

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Shalat Gerhana Bulan, Lengkap Arab, Latin, Terjemahan Indonesia

Koordinator Data dan Informasi, Stasiun Geofisika, BMKG Sulawesi Utara, Edward Mengko mengingatkan masyarakat yang berada di pesisir pantai untuk waspada.

"Karena memang gerhana bulan berada pada posisi dekat dengan bumi, pengaruh gravitasi bulan bisa menyebabkan kenaikan air laut. Warga diharapkan waspada apabila gerhana bulan total ini terjadi bersamaan waktu air pasang," ujar Edward dikutip Berita DIY dari ANTARA.

Sebelumnya BMKG juga merilis daftar daerah yang perlu waspada terkait fenomena ini. Sebagian daerah itu berada di pesisir pantai, yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Peneliti Ungkap Keistimewaan Gerhana Bulan Total Hari Ini, Tampak Lebih Besar dan Merah Beserta Penyebabnya

  • Sumatera Utara
  • Banten
  • Jakarta
  • Jawa Tengah
  • Kalimantan Barat
  • Sulawesi Utara
  • Maluku
  • Papua

Sebagai informasi, gerhana bulan total terjadi karena posisi matahari-bumi-bulan sejajar, menyebabkan bulan masuk ke umbra bumi, akibatnya saat fase totalitas gerhana terjadi, bulan akan terlihat kemerahan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x