3 Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat, Bikin Bruntusan Sampai Breakout

- 26 Mei 2021, 18:45 WIB
Ilustrasi: Jerawat yang disebebkan oleh beberapa jenis makanan.
Ilustrasi: Jerawat yang disebebkan oleh beberapa jenis makanan. /Pixabay/ jmexclusives

BERITA DIY - Jerawat merupakan kondisi umum yang terjadi di kulit yang mempengaruhi hampir 10% populasi dunia. Ketahui beberapa jenis makanan yang mungkin dapat menyebabkan perkembangan jerawat melalui artikel berikut.

Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, dan pori-pori tersumbat.

Gaya hidup yang kurang sehat dan konsumsi beberapa jenis makanan yang berlebih juga turut ikut ambil bagian menjadi penyebab perkembangan jerawat. Berikut adalah 3 jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga: 4 Langkah Perawatan Wajah atau Skincare Rutin untuk Kulit Berminyak agar Bebas dari Jerawat

1. Cokelat
Dilansir dari Healthline, sebuah studi menemukan bahwa seorang pria yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam setiap hari rentan mengalami peningkatan jurmlah jerawat dalam waktu dua minggu.

Penyabab pasti coklat dapat meningkatkan jerawat masih belum jelas, meskipun satu penelitian menemukan bahwa makan coklat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

2. Produk Susu
Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian telah menemukan hubungan produk susu dan keparahan jerawat pada remaja. Salah satu penelitian menemukan bahwa orang kuda yang mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih rentan menderita jerawat.

Susu diketahui mengandung asam amino yang merangsang hati memproduksi lebih banyak zat yang berkaitan dengan perkembangan jerawat. Susu juga diketahui meningkatkan kadar insulin yabg dapat memperburuk keparahan jerawat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Ada di Sekitar Kita

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x