5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Ada di Sekitar Kita

- 22 Maret 2021, 08:36 WIB
5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Ada di Sekitar Kita.
5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami yang Ada di Sekitar Kita. /PIXABAY/jmexclusives

BERITA DIY - Artikel ini membahas tentang cara menghilangkan bekas jerawat. Bekas jerawat sebenarnya adalah bagian dari proses penyembuhan, menurut American Academy of Dermatology (AAD). Setelah jerawat dibersihkan, kulit mencoba memperbaiki kerusakan yang diakibatkan noda tersebut. Dengan memproduksi kolagen, hal tersebut akan menyembuhkan kulit. Kolagen yang terlalu sedikit, bisa meninggalkan bekas luka cekung. Sementara itu, terlalu banyak kolagen, bekas luka termasuk bekas jerawat akan terangkat.

Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga: Bansos BST Rp 300 Ribu Sudah Cair Bulan Maret 2021, Login dtks.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bantuan

1. Minyak Habbatussauda
Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama ialah dengan menggunakan minyak habbatussauda yang juga dikenal sebagai Nigella sativa, minyak jintan hitam berasal dari Eropa Timur, Asia Barat, dan Timur Tengah.

Minyak habbatussauda adalah tanaman obat yang relatif umum, dan minyaknya dapat ditemukan secara online. Selain memiliki sifat antibakteri dan anti virus, minyak ini juga bersifat antiradang.

Akan tetapi, cara menghilangkan bekas jerawat dengan mengurangi peradangan bukanlah satu-satunya cara untuk membantu mengurangi bekas luka. Penelitian telah menemukan bahwa minyak habbatussauda mampu mempercepat serta meningkatkan penyembuhan luka. Minyak habbatussauda juga dapat meratakan pigmentasi atau bahkan mencegah jerawat sama sekali.

2. Minyak Biji Rosehip
Minyak Biji Rosehip dianggap sebagai solusi atasi penuaan. Minyak biji rosehip tersedia secara luas dan aman diaplikasikan langsung ke kulit. 

Satu penelitian juga menunjukkan bahwa minyak biji rosehip dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Meskipun penelitian ini khusus untuk bekas luka operasi, minyak ini juga bisa bermanfaat dalam mengurangi bekas jerawat.

Peneliti menemukan bahwa mengaplikasikannya dua kali sehari dapat mengurangi munculnya bekas luka dan perubahan warna.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x