Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah Sebelum Melaksanakan Shalat Idul Fitri

- 12 Mei 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi: amalan-amalan sunah yang dianjurkan Rasulollah Muhammad SAW sebelum Shalat Idul Fitri.
Ilustrasi: amalan-amalan sunah yang dianjurkan Rasulollah Muhammad SAW sebelum Shalat Idul Fitri. /Pixabay.com/Jpeter2

BERITA DIY – Umat muslim akan merayakan Hari Ray Idul Fitri 1442 H besok, Kamis, 13 Mei 2021. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan yang telah dinanti-nantikan umat muslim setelah berjuang menjalani puasa Ramadhan satu bulan lamanya.

Hari Raya Idul Fitri harus disambut dengan penuh suka cita dan gembira, karena merupakan momen satu tahun sekali. Setiap Hari Raya Idul Fitri tiba, umat muslim akan berbondong-bondong menuju ke masjid atau tanah lapang untuk menunaikan ibadah shalat Idul Fitri.

Namun sebelum menjalankan shalat Idul Fitri terdapat sejumlah amalan-amalan sunah yang bisa dikerjakan untuk menyempurnakan ibadah dan menambah pahala. Berikut ini amalan-amalan sunah yang dianjurkan Rasulillah Muhammad SAW sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri:

Baca Juga: Tata Cara Khutbah Idul Fitri, Berikut Panduan Lengkap untuk Sholat Ied di Rumah

1. Makan

Sebelum berangkat ke masjid atau tanah lapang untuk menunaikan shalat Idul Fitri, ada baiknya kita makan terlebih dahulu. Makan sebelum shalat Idul Fitri merupakan amalan sunah yang bisa dikerjakan.

Makan sebelum menunaikan shalat Idul Fitri merupakan ajaran Rasulullah SAW. Sebelum berangkat untuk menjalankan shalat Idul Fitri Rasulullah juga makan terlebih dahulu.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda: “Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

Baca Juga: Sejarah Halal Bihalal Lebaran Idul Fitri 2021 dan Cara Melakukannya Selama Pandemi Covid19

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x