Profil Bahlil Lahadalia, Mantan Sopir Angkot di Papua yang Jadi Menteri Investasi

- 28 April 2021, 12:05 WIB
Profil Bahlil Lahadalia: mantan sopir angkot di Papua yang akhirnya dipinang Presiden Jokowi menjadi Menteri Investasi.
Profil Bahlil Lahadalia: mantan sopir angkot di Papua yang akhirnya dipinang Presiden Jokowi menjadi Menteri Investasi. /Twitter.com/@bkpm

BERITA DIY - Sore ini Rabu, 28 April 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), untuk menjadi Menteri Investasi.

Nomenklatur BKPM yang rencananya oleh Jokowi diubah menjadi Kementerian Investasi ini telah direstui Dewan Perwakilan Rakyat.

DPR menyetujui Surat Presiden yang berisi permintaan pertimbangan untuk membentuk Kementerian Investasi berlangsung saat rapat paripurna, 9 April 2021.

Baca Juga: Operasi Paling Mengharukan di Ikatan Cinta, Ulah Royano Bikin Menderita: Bocoran Ikatan Cinta 28 April 2021

Lantas, siapa sosok Bahlil Lahadalia yang akan dilantik menjadi Menteri Investasi oleh Presiden Jokowi?

Bahlil Lahadalia lahir di Banda, Maluku Tengah, Maluku, 7 Agustus 1976. Dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Bahlil menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ke-19 yang dilantik pada 23 Oktober 2019.

Sebelum itu, pemilik 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding company ini, adalah Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2015–2019.

Bahlil juga pernah menjadi kader Partai Golongan Karya dan telah berhenti pada tahun 2009.

Perjalanan Hidup Bahlil Lahadalia

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x