Pusing dan Lemas Saat Puasa? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

- 17 April 2021, 14:14 WIB
Ilustrasi lemas dan pusing ketika puasa.
Ilustrasi lemas dan pusing ketika puasa. /pixabay.com/nastya_gepp

BERITA DIY – Tidak terasa, puasa di bulan Ramadhan 1442 H telah memasuki hari kelima. Menunaikan puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim, namun melaksanakan puasa memang tidak semudah yang dibayangkan.

Selain menahan haus dan lapas, setiap orang yang puasa juga diwajibkan menahan diri dari emosi berlebihan dan tentu saja menahan hawa nafsu agar tidak membatalkan puasa. Setiap orang yang puasa tentu merasa lapar.

Selain rasa lapar, biasanya orang yang puasa juga akan mengalami rasa lemas hingga pusing. Tentu saja hal itu lumrah, namun bukan berarti tidak dapat dihilangkan. Berikut penyebab lemas dan pusing ketika puasa dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Daftar Juara Liga Champions 1956-2020, Real Madrid Perkasa dengan 14 Gelar

Baca Juga: Sebut Sri Mulyani Jadi Intel Bank Dunia, Rizal Ramli: Jokowi Takut Meski Prestasi Payah, Ngutang Ugal-ugalan

Dikutip dari Antara, dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Putri Sakti mengatakan penyebab lemas dan pusing ketika puasa adalah kurangnya cairan dalam tubuh.

"Selain makanan jangan lupakan asupan cairan, karena kalau tubuh lemas bukan hanya kurang kalori atau karbohidrat, tetapi juga bisa jadi karena kekurangan cairan," katanya dikutip dari Antara.

Untuk mengatasi kekurangan cairan, disarankan mengkonsumsi sedikitnya dua liter air putih setiap hari ketika sahur dan berbuka.

Baca Juga: Unggah Foto Kunjungan ke Kerajaan Inggris, SBY Bagikan Kesan Mengenai Pangeran Philip

Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal 2021 dan Link Live Streaming Kualifikasi Malam Ini

Putri menyarankan, air putih diminum secara rutin setiap setelah bangun tidur (pukul 03.00), setelah makan sahur (04.00), menjelang imsak atau adzan subuh (04.20), saat adzan magrib, setelah makan berat, setelah shalat tarawih dan sebelum tidur.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x