Vaksinasi Saat Puasa Dinyatakan Aman, Kemenkes: Tidak Perlu Khawatir

- 16 April 2021, 20:23 WIB
ILUSTRASI vaksinasi Covid - 19
ILUSTRASI vaksinasi Covid - 19 /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Pemerintah masih terus menjalankan program vaksinasi Covid-19 untuk menekan angka penyebaran virus agar tidak semakin meningkat.

Selama bulan ramadhan, proses vaksinasi masih tetap dijalankan. Kebijakan ini menimbulkan pro dan kontra di tengah lingkungan masyarakat terkait keamanan dan keabsahanya apabila dilakukan di saat puasa.

Hal lain yang ditakutkan yakni, efek vaksinasi yang nantinya dapat berpengaruh dalam menurunkan kesehatan terutama untuk yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Raka Terima Penghargaan Untuk Solo, Ferdinand Hutahaean Sindir Anies Baswedan?

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa, vaksinasi Covid-19 di bulan puasa tidak akan menurunkan kesehatan seseorang.

Hal ini berdasar pada belum adanya penelitian hingga kini terkait dampak pemberian vaksinasi di kala seseorang sedang berpuasa.

Para ahli juga berpendapat, pemberian vaksin saat puasa tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Tubuh disinyalir menjadi lebih sehat, kesehatan pun meningkat.

"Kita tahu hampir semua vaksin Covid-19 semuanya adalah vaksin baru. Banyak juga yang belum kita miliki data terkait apakah sudah ada penelitian yang mendukungnya (puasa dan vaksinasi Covid-19)," terang Nadia di Gedung Kemenkes RI, Jakarta.

Baca Juga: Pancasila Sebagai Sistem Filsafat dan Refleksi Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Kehidupan Beragama

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x