Anggota DPR, Heri Gunawan Minta Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Diperpanjang, Mensos Berikan Alternatif Ini

- 16 April 2021, 08:54 WIB
Dokumentasi pencairan dana bansos tunai atau BST Kemensos yang cair bulan April 2021.
Dokumentasi pencairan dana bansos tunai atau BST Kemensos yang cair bulan April 2021. /ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

BERITA DIY - Menteri Sosial, Tri Rismaharini sebut bansos BST Kemensos senilai Rp300 ribu per bulan Januari hingga April tidak akan diperpanjang karena tidak adanya anggaran untuk menyalurkan bantuan.

Bansos BST selama ini dinilai sangat membantu untuk menopang daya beli masyarakat akibat ekonomi yang belum pulih pasca pandemi Covid-19.

Wajar saja banyak masyarakat yang berharap agar bansos BST dapat diperpanjang kembali sebagaimana yang diharapkan oleh anggota Komisi XI DPR, Heri Gunawan yang mengatakan perpanjangan bansos BST sangat dibutuhkan terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Bansos BST Rp300 Ribu Berakhir April 2021, Kemensos Akan Bantu Masyarakat Miskin Lewat BPNT

"Sebaiknya pemerintah memperpanjang Program BST untuk menjaga daya beli masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri yang jatuh pada Mei 2021," ungkap Heri Gunawan dalam Antara News.

Heri Gunawan berasumsi bahwa perpanjangan BST akan menjadi solusi atas rendahnya konsumsi dan daya beli masyarakat selama bulan Ramadhan hingga hari raya umat Islam nantinya.

Sementara itu, Mensos Tri Rismaharini berpendapat bahwa BST hanyalah salah satu  bantuan yang menjadi sarana membantu masyarakat terdampak pandemi.

Selain BST masih ada sejumlah bantuan yang masih berlanjut seperti Kartu Prakerja, subsidi listrik, bantuan langsung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan sebagainya.

Baca Juga: Bansos BST Kemensos untuk Rakyat Miskin akan Dicabut, Pemerintah Malah Berikan Subsidi Orang Kaya

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x