Bansos BST Kemensos untuk Rakyat Miskin akan Dicabut, Pemerintah Malah Berikan Subsidi Orang Kaya

- 6 April 2021, 09:02 WIB
Ilustrasi penyaluran bansos BST Rp300 ribu Kemensos bulan April 2021 di PT Pos Indonesia.
Ilustrasi penyaluran bansos BST Rp300 ribu Kemensos bulan April 2021 di PT Pos Indonesia. /ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

BERITA DIY - Bantuan Sosial Tunai atau BST Rp300 ribu dari Kemensos tidak akan diperpanjang sebagaimana permintaan masyarakat dan akan tetap berakhir sesuai jadwal yakni sampai bulan April 2021.

Pemutusan BST tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini bahwa BST Rp300 ribu tidak akan diperpanjang karena tidak ada dana untuk melanjutkan program bantuan.

"Enggak ada anggarannya untuk itu," kata Risma setelah menghadiri puncak HUT ke-19 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pangandaran, Jawa Barat dikutip Berita DIY dari Antara.

Baca Juga: PT Pos Indonesia Sebut BST Rp300 Ribu Hanya Cair Sampai April 2021, Mensos Risma Ungkap Alasan Kemensos

Baca Juga: Cara Dapat BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Cek Online di Link eform.bri.co.id: Ini Syarat Daftar BPUM

Keputusan Mensos Risma menuai banyak kritik dari berbagai kalangan seperti mantan petinggi BUMN, Said Didu yang menyebut bahwa pemerintah tidak adil karena memutus BST dan malah mensubsidi orang kaya.

Alasan Said Didu mengatakan itu ialah karena pemerintah memberikan diskon pajak untuk pembelian mobil baru sampai 2.500 cc disaat BST malah akan dihentikan.

Diskon pajak diartikan Said Didu sebagai salah satu bentuk subsidi pemerintah untuk orang kaya alias orang yang mampu membeli mobil.

Hal itu dinilai akan menjadi kepincangan ekonomi karena aktivitas ekonomi masyarakat kecil belum dapat pulih karena bantuan dihentikan, sementara orang kaya mendapatkan subsidi untuk membeli mobil baru.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x