Bansos BST Rp300 Ribu Berakhir April 2021, Kemensos Akan Bantu Masyarakat Miskin Lewat BPNT

- 8 April 2021, 08:39 WIB
Ilustrasi penyaluran bansos BST Kemensos Rp300 ribu April 2021.
Ilustrasi penyaluran bansos BST Kemensos Rp300 ribu April 2021. /ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc

 

BERITA DIY - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai atau BST senilai Rp300 ribu sampai bulan April 2021 tanpa ada perpanjangan kembali karena BST Januari-April 2021 merupakan perpanjangan dari BST tahun 2020 lalu.

Kemensos melalui Menteri Sosial atau Mensos, Tri Rismaharini menyebut bahwa Kemensos tidak lagi memiliki anggaran untuk melanjutkan bansos BST Rp300 ribu.

Selain itu, kondisi ekonomi Indonesia saat ini sudah berjalan ke arah mikro sehingga masyarakat diharapkan untuk memulai aktivitas ekonominya kembali.

 Baca Juga: Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Terakhir Cair April 2021, Cek Penerima di Link dtks.kemensos.go.id

Di era kehidupan new normal, masyarakat telah mendapat kelonggaran untuk bergerak, termasuk untuk mencari nafkah dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

BST hanyalah salah satu  bantuan yang menjadi sarana membantu masyarakat terdampak pandemi. Selain BST masih ada sejumlah bantuan yang masih berlanjut seperti Kartu Prakerja, subsidi listrik, bantuan langsung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan sebagainya.

Menurut Mensos Tri Rismaharini, tetap bergulirnya bantuan ini menunjukkan dukungan pemerintah terhadap masyarakat terdampak pandemi terus berlanjut, meski program BST berakhir di April 2021.

Baca Juga: Bansos BST Kemensos untuk Rakyat Miskin akan Dicabut, Pemerintah Malah Berikan Subsidi Orang Kaya

Meskipun demikian, masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi masih memiliki peluang untuk mendapatkan bantuan dari Kemensos dengan cara melaporkan diri ke perangkat pemerintah daerah untuk mendapatkan bantuan sosial.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x