Hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1442 Hijriah Jatuh pada 13 April 2021

- 13 April 2021, 03:10 WIB
Hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1442 Hijriah Jatuh pada 13 April 2021.
Hasil Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1442 Hijriah Jatuh pada 13 April 2021. /Dok. Kemenag

BERITA DIY - Hasil Sidang Isbat telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada 13 April 2021.

Sidang Isbat yang digelar secara terbatas dengan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 itu digelar di Kantor Kementrian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 12 April 2021. 

Sementara itu, para tamu undangan, seperti perwakilan ormas, mengikuti Sidang Isbat ini dengan cara daring.

Baca Juga: Awas! Berikut 3 Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Terlalu Sering

Tak hanya dihadiri para ormas secara daring, Sidang Isbat yang dilaksanakan secara terbatas itu turut dihadiri oleh Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Sekjen Kemenag Nizar, perwakilan Duta Besar negara sahabat, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

"Peserta Sidang Isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa, 13 April 2021," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Rangkaian sidang diawali dengan pemaparan anggota Falakiyah Kemenag mengenai posisi hilal awal Ramadhan 1442 H. Sebagaimana yang diketahui, Tim Flakiyah Kemenag telah melakukan pemantauan hilal di semua titik pengamatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Sedang Tayang Top 3 Indonesian Idol Menuju Grand Final, Link Live Streaming di RCTI

Sementara itu, penetapan awal bulan pada tahun hijriah yang didasarkan pada hisab dan rukyat, dilakukan dengan proses hisab dan telah dilakukan oleh hampir semua ormas Islam di Indonesia.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x