Selain Balongan, Berikut Daftar Lokasi Kilang Minyak yang Dimiliki Pertamina

- 29 Maret 2021, 16:22 WIB
Selain Balongan, Berikut Daftar Lokasi Kilang Minyak yang Dimiliki Pertamina.
Selain Balongan, Berikut Daftar Lokasi Kilang Minyak yang Dimiliki Pertamina. /Pixabay/nicolagiordano

BERITA DIY - Kebakaran kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat telah membuat Pertamina merugi hingga 400 ribu barel. Selain itu, kebakaran tersbut juga membuat Kilang Balongan tak dapat beroperasi sementara waktu.

Namun demikian, berkenaan dengan kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat, selama Kilang Balongan tak beroperasi, Pertamina akan menyuplainya dari sejumlah kilang dan terminal BBM, di antaranya Kilang Cilacap dan Kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Tak hanya memiliki kontribusi yang besar terhadap pendapatan perusahaan dan negara, Kilang Balongan juga memiliki nilai strategis dalam menjaga kestabilan pasokan BBM ke DKI Jakarta, Banten, sebagian Jawa Barat, dan sekitarnya. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa kawasan-kawasan tersebut merupakan sentra bisnis dan sentra pemerintahan Indonesia.

Baca Juga: Profil Pengacara Hotma Sitompoel, Aktivis Hukum bagi Rakyat Miskin Tersandung Konflik dengan Ibu Bams Samson

Lantas, yang menjadi pertanyaan ialah ada berapa banyak kilang minyak yang dimiliki PT Pertamina?

Dikutip Berita DIY dari berbagai sumber, berikut ini kilang minyak yang dimiliki Pertamina:

1. Kilang Pangkalan Brandan

Kilang tersebut bernama Pertamina Unit Pengolahan I Pangkalan Brandan, Sumatera Utara. Kilang minyak ini menghasilkan 5.000 barel per hari.

Kilang Pangkalan Brandan sudah ada sejak 1883 ketika konsesi pertama pengusahaan minyak diserahkan Sultan Langkat kepada Aeilko J.Zijlker. Namun, saat ini Kilang Pangkalan Brandan sudah ditutup, tepatnya sejak tahun 2007 karena pasokan minyak mentah maupun gas yang tidak cukup.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x