Catat! Ini Syarat Dapat Bansos Sembako Rp200 Ribu per Bulan Cair Bulan Ini

- 16 Maret 2021, 05:00 WIB
Program Kartu Sembako
Program Kartu Sembako /twitter.com/@KemensosRI

BERITA DIY - Sejak awal tahun 2021, pemerintah telah merencanakan akan melanjutkan beberapa bantuan sosial (bansos), salah satunya bansos sembako. Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk dapat bansos sembako yang cair bulan ini.

Bansos sembako ini akan dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Desember.Besaran bansos yang akan diterima setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) adalah Rp200 ribu per bulan.

Bansos sembako akan disalurkan melalui Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu melalui bank BNI, BRI, MANDIRI dan BTN. Bansos sembako yang telah disalurkan dapat dicairan melalui Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) terdekat.

Baca Juga: Ditutup Hari Ini! Pengumuman Lolos Kartu Prakerja Gelombang 14 Bisa Dicek dengan Cara Berikut

Bansos sembako ini akan diberikan kepada masyarakat dalam keluarga dengan kondisi sosial ekonomi terendah di daerah sesuai pagu yang ditetapkan dan telah masuk ke Daftar Penerima Manfaat (DPM) bansos sembako yang bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, masyarakat yang masuk dalam DPM DTKS harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Jika belum terdaftar, masyarakat bisa mendaftarkan diri terlebih dulu dengan cara, sebagai berikut.

Baca Juga: Hati-hati! 4 Hal Ini Bisa Buat Gagal Daftar Kartu Prakerja: Tips Agar Lolos Gelombang 14

  • Masyarakat melakukan pendaftaran Peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau ke Kantor Kelurahan/Desa.
  • Setelah mendaftar, nantinya akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.
  • Setelahnya, Anda membawa data pelengkap seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu.
  • Data yang telah dilengkapi, kemudian akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor Walikota/Kabupaten.
  • Setelah berhasil diverifikasi, nantinya akan dibuatkan rekening bank, dan akan diberikan Kartu.

Baca Juga: Tak Perlu Buat Akun Lagi, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 14 agar Lolos Seleksi

Bansos sembako bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan pangan dan memberikan gizi yang seimbang pada KPM.Keluarga Sejahtera (KKS).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x