Bacaan Doa Niat Wudhu Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

- 12 Maret 2021, 18:40 WIB
Bacaan doa niat wudhu lengkap dengan bahasa Arab, latin, beserta terjemahan bahasa Indonesia dan syarat serta rukun wudhu.
Bacaan doa niat wudhu lengkap dengan bahasa Arab, latin, beserta terjemahan bahasa Indonesia dan syarat serta rukun wudhu. /Pixabay/Mohamed Hassan/

BERITA DIY – Berikut bacaan doa niat wudhu lenkap dengan bahasa Arab, Latin, beserta terjemahan bahasa Indonesia.

Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air sebelum melaksanakan ibadah sholat. Berwudu bisa pula menggunakan debu yang disebut dengan tayammum.

Menurut KBBI wudhu merupakan istilah menyucikan diri (sebelum salat) dengan membasuh muka, tangan, kepala, dan kaki.

Baca Juga: Lirik Lagu On The Ground Rose BLACKPINK LENGKAP dengan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Wudhu merupakan syarat syah sholat, yang dikerjakan sebelum melakukan sholat adapun anjuran berwudhu yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-Maidah ayat 6 sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوْا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

“Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilas salati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni).”

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." ( QS Al-Maidah ayat 6 )

Baca Juga: Doa Bercocok Tanam, LENGKAP Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x