Bendungan Tukul di Pacitan yang Baru Diresmikan Jokowi Habiskan Rp 916 M, Pertanian Jatim Diharap Melimpah

- 15 Februari 2021, 11:39 WIB
Bendungan Tukul di Pacitan Telah Diresmikan, Inilah Harapan Jokowi
Bendungan Tukul di Pacitan Telah Diresmikan, Inilah Harapan Jokowi /Twitter/@Jokowi

BERITA DIY – Bendungan Tukul yang berada di Kabupaten Pacitan , Jawa Timur telah diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indoneia Joko Widodo [Jokowi] pada Minggu, 14 Febuari 2021.

Peresmian Bendungan Tukul ditandai dengan menekan sirine dan menandatangani prasati Jokowi meresmikan Bendungan Tukul.

“Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur, yang baru saja saya resmikan ini dibangun untuk pengendalian banjir, penyediaan air baku, dan dapat mengairi 600 Ha sawah. Petani yang dulu hanya sekali menanam padi dan palawija, nantinya bisa dua kali menanam padi dan sekali palawija,” ujar Jokowi yang dikutip oleh Berita DIY lewat akun Twitter @jokowi, Senin, 15 Februari 2021.

Baca Juga: Ngakak! Penampilan Aldebaran di Drama Sekolah Reyna Bikin Salah Fokus: Kayak Bacain Proklamasi Kemerdekaan

Harapan Jokowi dengan adanya bendungan ini bisa berguna untuk para petani yang biasanya menanam padi dan palawija hanya sekali, sekarang bisa menanam lebih dari sekali, dan juga bendungan ini bisa mengairi 600 Hektare sawah serta sebagai pengendalian banjir dan penyediaan air.

Selain menjadi sumber air baku dan pengendalian banjir, Bendungan Tukul bisa menjadi salah satu obyek wisata yang bisa menumbuhkan ekonomi di kawasan sekitar bendungan tersebut.

Presiden Jokowi dalam sambutan peresmian Bendungan Tukul menjelaskan bahwa bendungan tersebut mulai dibangun sejak enam tahun yang lalu. Biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk pembangunan ini sebesar Rp916 Miliar.

Baca Juga: SNMPTN 2021 Resmi Dibuka Hari Ini, Simak dan Catat 7 Langkah Pendaftarannya

Menurut Airlangga Mardjono selaku Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Kementerian PUPR, Bendungan Tukul merupakan tipe bendungan urugan dengan inti tegak.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Sekretariat Presiden @jokowi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x