Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka Tahun Ini, Siapkan Syarat Ini Agar Dapat Bantuan Rp3,5 Juta

- 11 Februari 2021, 15:30 WIB
Login www.prakerja.go.id Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka Tahun 2021, anggaran naik 2 kali lipat.
Login www.prakerja.go.id Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka Tahun 2021, anggaran naik 2 kali lipat. /prakerja.go.id/www.prakerja.go.id

BERITA DIY - Program Kartu Prakerja Gelombang 12 rencananya akan dibuka pada tahun 2021 ini karena anggaran yang sudah disiapkan pemerintah lebih banyak dibandingkan tahun lalu, mencapai Rp20 triliun.

Apa itu kartu prakerja?

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pada tahun lalu, pendaftaran dilakukan secara online dengan cara login ke laman www.prakerja.go.id menggunakan email dan password yang didaftarkan di web tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pemerintah tidak lagi memberikan bantuan BLT Subsidi Gaji/Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan tahun ini.

Baca Juga: 'Pak Ganjar Tidak Pernah Salat' Jadi Polemik, Ganjar Pranowo Beri Jawaban Mengejutkan

Berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021, tidak ada pos atau alokasi yang diberikan untuk program BLT lagi, melainkan hanya diberikan untuk penerima Kartu Prakerja.

Di laman www.prakerja.go.id juga di tuliskan "Pendaftaran 2020 telah di tutup, akan dibuka kembali di 2021".

"Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," kata Ida seperti dikutip dari Antara, Rabu 3 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x