Ingin Dapatkan BST Rp 300 Ribu per Bulan? Anda Bisa Dapatkan Asal Penuhi 6 Kriteria Ini

- 5 Februari 2021, 09:46 WIB
Ingin Dapatkan BST Rp 300 Ribu Per Bulan? Anda Bisa Dapatkan Asal Penuhi 6 Kriteria Ini.
Ingin Dapatkan BST Rp 300 Ribu Per Bulan? Anda Bisa Dapatkan Asal Penuhi 6 Kriteria Ini. /dok Pendim 0703 Cilacap

 

BERITA DIY - Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang merupakan program Kemensos tahun lalu akan dicairkan kembali pada tahun 2021.

Penyaluran BST kepada masyarakat yang berhak menerimanya ini, berdasarkan informasi terbaru, akan dilakukan mulai Januari hingga April 2021. Kabar baiknya, jangka waktu tersebut bisa diperpanjang menyesuaikan kondisi.

Berdasarkan pembaharuan data tahun 2021, rencananya BST bakal disalurkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui PT Pos Indonesia. Besaran BST sendiri sebesar Rp 300 ribu per bulan.

 Baca Juga: Macam-Macam Kandungan Nutrisi Ikan Salmon yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini persyaratan atau kriteria untuk mendapat BST Kemensos:

  1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.
  2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19.
  3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, paket sembako, Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), hingga kartu prakerja.
  4. Apabila calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
  5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapatkan bansos tanpa harus membuat KTP terlebih dulu. Penerima mesti berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
  6. Apabila penerima sudah terdaftar dan datanya valid maka BST Kemensos Rp300 ribu akan diberikan secara tunai dan nontunai.

 Baca Juga: Chelsea Taklukan Tottenham, Kemenangan Perdana Thomas Tuchel di Derbi London

Seperti diketahui, BST merupakan jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin maupun yang paling terdampak secara sosial ekonomi akibat wabah virus Covid-19 selama lebih dari setahun.

Untuk mengetahui apakah masuk ke dalam daftar penerima, masyarakat bisa mengunjungi laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.***

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x