Waspada Zona Gempa Dapat Berlanjut di Februari 2021, BMKG Himbau Masyarakat Tidak Panik dan Tetap Tenang

- 2 Februari 2021, 22:36 WIB
BMKG mencatat gerakan tanah saat muncul gemuruh dan dentuman di Sukabumi pada Sabtu, 30 Januari 2021 pukul 19.00.
BMKG mencatat gerakan tanah saat muncul gemuruh dan dentuman di Sukabumi pada Sabtu, 30 Januari 2021 pukul 19.00. /Instagram.com/@daryonobmkg

BERITA DIY - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badaan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  Daryono menjelaskan bahwa aktivitas gempa bumi di zona aktif di Indonesia masih dapat berlanjut hingga bulan Februari 2021, tetapi juga dapat berakhir dan bergeser ke wilayah lain.

Hal ini juga berkaitan dengan banyaknya gempa yang terjadi pada bulan Januari 2021. Oleh karena itu Daryono juga mengingatkan agar masyarakat tetap waspada.

“Dengan meningkatnya aktivitas gempa pada bulan Januari 2021 dan informasi zona aktif gempa, kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik, tetapi waspada,” kata Daryono dikutip dari akun instagramnya, @daryonobmkg, 2 Februari 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 3 Februari 2021: Reyna Ungkap Bukti Elsa Bunuh Roy, Al dan Andin Batal Cerai

Dia menambahkan, dalam satu bulan kemarin, BMKG mencatat terdapat sebanyak 646 kali gempa bumi telah mengguncang wilayah Indonesia.

Gempa bumi tersebut mengguncang berbagai wilayah di Indonesia, dalam berbagai magnitudo dan kedalaman.

“Jumlah gempa ini lebih tinggi dari rata-ratanya untuk bulan Januari, yaitu sebanyak 555 kali,” ucap Daryono.

Baca Juga: Ikatan Cinta Malam Ini Riuh Pujian Warganet, Ternyata Gara-gara Pesan Aldebaran

Sementara, jumlah gempa tektonik yang terjadi selama bulan Januari 2020 lalu tercatat sebanyak 518 kali sebagaimana diberitakan juga oleh Pikiran Rakyat sebelumnya dengan judul: 646 Gempa Terjadi Selama Januari 2021, BMKG: Zona Aktif Gempa Dapat Berlanjut pada Februari 2021

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x