10 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Tahap Keempat Tiba di Tanah Air

- 2 Februari 2021, 15:17 WIB
Ketibaan vaksin Covid-19 tahap 4 di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa 2 Februari 2021
Ketibaan vaksin Covid-19 tahap 4 di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa 2 Februari 2021 /tangkap layar youtube.com/Sekretariat Presiden

BERITA DIY - Bahan baku vaksin COVID-19 kembali tiba di tanah air. 10 juta dosis ditambah 1 juta overfill tiba di tanah air pada Selasa 2 Februari 2021.

Sekitar pukul 10.15 WIB, pesawat yang membawa bahan vaksin produksi Sinovac tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Hari ini 10 juta bahan baku vaksin ditambah 1 juta overfill dari Sinovac yang sebagai salah satu wujud langkah konkret pemerintah hadir dalam rangka memastikan dalam rangka mengendalikan bagi kesehatan masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes) Oscar Primadi dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin.

Baca Juga: 16 Syarat Penerima Vaksin Sebelum Disuntik Vaksin Covid-19

Dengan kedatangan tambahan baku pada hari ini, total vaksin yang sudah ada di Tanah Air sebanyak 28 juta dosis, baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku yang diproses lebih lanjut oleh BUMN PT Bio Farma.

Seperti diketahui vaksin tersebut digunakan untuk program vaksinasi gratis yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Oscar mengatakan, vaksinasi adalah bagian dari upaya keras Pemerintah untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

“Ketersediaan vaksin yang aman dan kemudian juga sesuai dengan skema Pemerintah kita lakukan berkat koordinasi yang cukup baik dengan semua pihak, termasuk dengan pihak Sinovac,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima Vaksin Dosis Kedua Hari Ini

Oscar menambahkan, vaksin tersebut, juga telah memperoleh izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan serta fatwa suci dan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x