Sejarah dan Mitos Perayaan Imlek: Orang Belum Menikah Tidak Boleh Memberikan Angpao

- 2 Februari 2021, 11:42 WIB
Sejarah dan mitos mengenai Tahun Baru Imlek
Sejarah dan mitos mengenai Tahun Baru Imlek /PIXABAY/lleonartz

BERITA DIY - Imlek atau tahun baru Cina pada tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Sebelum pandemi datang, banyak perayaan imlek yang diselenggarakan di Indonesia, di setiap daerah mempunyai acaranya sendiri.

Namun di masa pandemi sekarang, perayaan itu mungkin ditiadakan karena tidak boleh berkerumun. Acara untuk memperingati tahun baru cina biasanya emang berkerumun, salah satunya menyaksikan pertunjukan barongsai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hadiah Valentine Anti Mainstream yang Cocok Diberika ke Pasangan

Namun mendekati perayaan tahun baru Cina, pasti sudah terlihat banyak ornamen berwana merah yang menghiasi pusat perbelanjaan, kantor, bank dan sebagainya.

Perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 1 bulan pertama di kalender lunar biasanya dirayakan oleh etnis Tionghoa dengan berbagai tradisi.

Etnis Tionghoa di Indonesia biasayanya merayakan Imlek dengan berbagai ritual salah satu yang paling mencolok adalah dekorasi serba merah dan juga atraksi barongsai, selain itu angpau juga menjadi tradisi yang masih berlangsung hingga saat ini.

Makanan khas Imlek juga tak lupa di hidangkan di setiap acara keluarga, contohnya kue keranjang. Kepercayaan orang etnis tionghoa biasanya mengharapkan datangnya hujan tepat di hari imlek, karena dipercaya bisa membawa rejeki dan berkah di masa sekarang dan di kemudian hari.

Baca Juga: Potret Harmonis Keluarga Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Sejarah Imlek

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x