Simak Bahaya Ciki Ngebul Bisa Sebabkan Peradangan Usus, Ternyata Ada Zat Ini di Dalamnya

- 9 Januari 2023, 13:45 WIB
Berikut kandungan zat berbahaya di Ciki Ngebul yang sebabkan anak-anak di Jabar keracunan hingga dilarikan ke rumah sakit.
Berikut kandungan zat berbahaya di Ciki Ngebul yang sebabkan anak-anak di Jabar keracunan hingga dilarikan ke rumah sakit. /Tangkapan Layar TikTok.com/@foodstoriesid

BERITA DIY - Cikbul atau Ciki Ngebul saat ini menjadi bahan perbincangan yang sebabkan anak-anak di Jawa Barat harus dilarikan ke rumah sakit, ternyata ada kandungan berbahaya di dalamnya.

Ciki Ngebul merupakan maakanan yang tengah viral saat ini, selain warnanya yang menarik para anak-anak, cikbul atau ciki ngebul ini unik karena mengeluarkan asap yang mengebul.

Ciki Ngebul atau biasa disebut juga ice smoke ini ternyata memiliki zat yang berbahaya yang bisa menyebabkan peradangan usus jika dikonsumsi.

Namun, pernahkah kamu bertanya dari mana sumber asap ngebul dari cibul tersebut, cek disini untuk mengetahui lebih lanjut.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Bayi yang Baik Dikonsumsi Saat Batuk dan Pilek, Mudah Didapat dan Murah

Kasus dugaan keracunan Ciki Ngebul ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Pemprov Jabar, dr Ryan Bayu Santika Rustandi mengatakan, selama akhir tahun 2022 ada 28 anak mengalami keracunan Cikbul.

"Yang makan Cikbul di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 24 Orang. dari jumlah itu, 7 orang bergejala, 16 orang tanpa gejala, dan 1 orang dirujuk ke RS SMC. Untuk di Kota Bekasi, yang makan cikbul 4 orang, 2 orang bergelaja," tuturnya, dikutip dari Pikiran Rakyat, Senin, 9 Januari 2022.

Fakta mengejutkannya yang juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), ternyata asap ngebul dari cikbul bersumber dari nitrogen cair.

Nitrogen cair pada Ciki Ngebul adalah bahan kimia yang tidak boleh dicampuran dengan makanan.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x