Cara Cek Apakah TV Milik Anda Digital atau Analog, Beserta Kapan Jadwal Penghentian TV Analog Terbaru

- 26 Oktober 2021, 19:16 WIB
ILUSTRASI - Cara cek apakah TV di rumah Analog atau Digital beserta jadwal penghentian TV Analog terbaru dari Kominfo.
ILUSTRASI - Cara cek apakah TV di rumah Analog atau Digital beserta jadwal penghentian TV Analog terbaru dari Kominfo. /PEXELS/anete-lusina

BERITA DIY - Simak cara cek apakah TV milik Anda termasuk TV Digital atau TV Analog beserta kapan jadwal penghentian TV Analog yang dirilis oleh Kominfo.

TV analog akan dihentikan oleh pemerintah Indonesia paling lambat pada 2 November 2022 mendatang setelah mengudara hampir 60 tahun. Program peralihan ini disebut dengan Analog Switch Off (ASO).

Meski begitu, Kominfo akan mengganti TV Analog menjadi TV Digital yang dinilai lebih memiliki banyak manfaat serta menghadirkan kualitas gambar lebih bersih dan suara yang lebih jernih.

Baca Juga: Cara Dapat Set Top Box STB GRATIS dari Kominfo Buat Alihkan TV Analog ke TV Digital, Syaratnya Cuma Perlu Ini

Kominfo melalui Indra Siswoyo yang menjabat sebagai Subkoordinator Perencanaan Infrastruktur Penyiaran Kominfo memaparkan bahwa TV Digital dinilai lebih efisien dan lebih canggih dari sisi kualitas audio dan video.

"Sudah tidak ada lagi gambar semut dan berbayang yang biasanya muncul pada TV Analog,” kata Indra, sebagaimana dikutip dari website siarandigital.kominfo.go.id.

Indra juga menambahkan bahwa penonton TV Digital dapat menikmati kualitas tayangan dengan resolusi HD yang dijamin bersih. Sementara, audio bisa mencapai Dolby Stereo yang terbukti lebih jernih.

Baca Juga: Syarat Dapat Set Top Box Untuk Pindah dari TV Analog ke TV Digital

Lebih lanjut, fitur menarik lainnya dari TV Digital, terdapat sinopsis siaran program serta dilengkapi dengan fitur Sistem Peringatan Dini jika terjadi bencana alam.

Jadwal penghentian TV Analog ke TV Digital

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x