Mulai 1 Juni 2021, Google Photos Hentikan Penyimpanan Unlimited Gratis, Begini Cara Backupnya

- 31 Mei 2021, 11:30 WIB
 Logo Google Photos.
Logo Google Photos. /Dok. Google

BERITA DIY - Google Photos menjadi aplikasi yang dapat menyimpan cadangan foto dan video tanpa terbatas secara gratis. Namun, mulai 1 Juni 2021 atau besok, fitur gratis dan unlimited tersebut akan dicabut.

Pada aturan sebelumnya, setiap foto ukuran besar dan tak dikompresi-lah yang akan dihitung oleh Google dalam penyimpanan pribadi. Sedangkan foto dan video yang beresolusi tinggi namun terkompresi akan digratiskan.

Mulai besok, file apapun yang diunggah ke Google Photos akan dihitung sebagai penyimpanan default atau dasar 15GB yang pengguna dapatkan setiap miliki akun baru Google. 

Baca Juga: KODE REDEEM FREE FIRE Aktif Hari Ini 31 Mei 2021, Cara Dapatkan FF Yellow Pass Token Gratis

Namun, penghitungan 15GB ini akan bermula sejak 1 Juni 2021. Artinya, penyimpanan sebelum tanggal kebijakan ini berlaku belum dihitung masuk dalam ruang terbatas berukuran 15GB.

Penyimpanan 15GB akan digratiskan kepada semua pengguna Google Photos. Nah, setelah penuh, pengguna akan memiliki opsi untuk berlangganan salah satu paket Google One jika berencana untuk terus mengupload.

Pengguna juga bisa membeli kapasitas tambahan dengan Google One dengan harga mulai sekitar Rp26.900 per bulan untuk kapasitas ekstra 100 GB.

Baca Juga: Cara Aktivasi dan Harga Paket Kuota 5G Telkomsel, Berikut Penjelasan Perlu Ganti Kartu SIM HP atau Tidak

Catat ini! Jika kamu tidak aktif dalam layanan Google selama lebih dari dua tahun atau melebihi batas penyimpanan selama lebih dari dua tahun, Google dapat menghapus konten pengguna di berbagai layanan.

Pembaruan kebijakan ini berlaku untuk semua pengguna Google Photos di semua platform, termasuk Android, iOS dan desktop. Pun, Google mengimbau agar secara rutin mengecek Gmail, Drive, Photos di web atau mobile untuk mengetahui notifikasi update terbaru.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x