Contoh Kalimat Kata Kerja Imperatif dalam Teks Prosedur dan Persuasi, Kelompok Kata Kerja Imperatif Adalah Apa

- 27 November 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi - Contoh kalimat kata kerja imperatif dalam teks prosedur dan persuasi dan penjelasan kelompok kata kerja imperatif adalah apa.
Ilustrasi - Contoh kalimat kata kerja imperatif dalam teks prosedur dan persuasi dan penjelasan kelompok kata kerja imperatif adalah apa. /PEXELS/cottonbro studio

BERITA DIY - Simak contoh kalimat Kata Kerja imperatif dalam teks prosedur dan persuasi, kelompok kata kerja imperatif adalah apa, cek di sini.

Saat ini banyak siswa maupun masyarakat yang mencari informasi kelompok kata kerja imperatif adalah apa, serta contoh kalimat kata kerja imperatif.

Kata kerja imperatif ini dapat dengan mudah ditemukan dalam teks prosedur dan teks persuasi yang biasanya dipelajari oleh siswa SMA di Indonesia.

Dikutip dari buku Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia Tata Bahasa, kalimat imperatif atau juga disebut dengan kalimat perintah merupakan kalimat yang digunakan untuk meminta orang lain melakukan sesuatu.

Baca Juga: 3 Contoh Kalimat Sanggah Hasil Ujian SKD CPNS yang Sopan, Ini Artinya Sanggahan Adalah Apa?

Sementara Teks prosedur merupakan suatu teks yang berisi langkah-langkah aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Dilansir dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kelas XI, salah satu unsur kebahasaan teks prosedur adalah banyak menggunakan kata kerja perintah atau imperatif.

Sedangkan teks persuasi merupakan teks yang berisi ajakan, saran, bujukan, imbauan, pengaruh, arahan, larangan atau perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Ciri teks persuasi ini adalah terdapat kalimat dan kata-kata yang berupaya mengajak dan mempengaruhhi pembaca seperti kata sebaiknya, marilah, mulailah, ayo, janganlah.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x