3 Contoh Kalimat Sanggah Hasil Ujian SKD CPNS yang Sopan, Ini Artinya Sanggahan Adalah Apa?

- 23 November 2023, 13:50 WIB
3 contoh kalimat sanggah hasil ujian SKD CPNS 2023 yang sopan, artinya sanggahan adalah, jadwal masa sanggah, cara mengajukan sanggah SKD.
3 contoh kalimat sanggah hasil ujian SKD CPNS 2023 yang sopan, artinya sanggahan adalah, jadwal masa sanggah, cara mengajukan sanggah SKD. /Tangkap layar sertificat.bkn.go.id/@Evi Sugianti

BERITA DIY - Setelah pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil disingkat SKD CPNS 2023, ada masa sanggah.

Berikut ada 3 contoh kalimat sanggah hasil ujian SKD CPNS 2023 yang sopan dan artinya sanggahan adalah apa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artinya sanggahan adalah bantahan atau usulan baru untuk sebuah pernyataan atau hasil yang belum ditetapkan secara final.

Nah, fungsi sanggah SKD CPNS adalah untuk mengajukan penolakan hasil seleksi yang telah diumumkan. Meski demikian, ada sejumlah ketentuan dalam mengajukan sanggahan SKD, seperti:

Baca Juga: Apa Itu P, TH, P/L, TL Status Kelulusan SKD CPNS 2023 di Link Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar

Alasan sanggah harus mudah dipahami, tidak mengada-ngada, sesuai dengan regulasi dan tepat kepada instansi yang dituju.

Kemudian, alasan sanggah SKD juga bisa dalam hal keberatan karena sistem salah menampilkan nilai SKD dan tidak sama dengan sertifikat CAT BKN milik peserta. Akibatnya, sistem menyatakan peserta tersebut gagal.

Nantinya, jika sanggahan tidak logis dan tidak jujur, peserta yang mengajukan masa sanggah akan menanggung akibat dan sanksi yang ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) seperti masuk dalam daftar hitam seleksi CPNS.

Dalam prosesnya, sanggahan SKD CPNS akan diverifikasi oleh panitia instansi dan pengeumuman hasil sanggahan adalah kewenangan instansi masing-masing.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x