Cara Daftar PIP Kemdikbud dan Cek Penerima di pip.kemdikbud.go.id 2023 Online Lewat HP, Ini Info Kapan Cair

- 24 Juli 2023, 10:59 WIB
Cara daftar PIP Kemdikbud dan cek penerima via login pip.kemdikbud.go.id 2023 online lewat HP beserta info kapan cair terbaru.
Cara daftar PIP Kemdikbud dan cek penerima via login pip.kemdikbud.go.id 2023 online lewat HP beserta info kapan cair terbaru. /Tangkap layar pip.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Simak cara daftar PIP Kemdikbud dan cek penerima dengan login pip.kemdikbud.go.id 2023 online lewat HP beserta info kapan cair, di sini.

PIP Kemdikbud merupakan bantuan uang tunai untuk siswa SD sampai SMA dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membantu biaya personal pendidikan.

PIP Kemdikbud ini bertujuan untuk membantu siswa mendapatkan layanan pendidikan berkualitas hingga mencegah siswa agar tidak drop out atau putus sekolah.

Siswa yang terdaftar sebagai penerima PIP Kemdikbud adalah mereka yang terdaftar di link pip.kemdikbud.go.id saat cek online daftar penerima lewat HP.

Baca Juga: Cara Cek Online Daftar Penerima PIP Kemdikbud 2023 Lewat HP Login pip.kemdikbud.go.id Pakai NIK dan NISN

Penerima PIP Kemdikbud ini akan mendapatkan uang tunai, dengan rincian siswa SD dapat Rp 450 ribu per tahun, SMP mendapatkan Rp 750 ribu per tahun, dan SMA dapat Rp 1 juta per tahun.

Namun siswa kelas awal dan akhir, mendapatkan bantuan dengan nominal hanya setengahnya. Siswa SD kelas 1 dan 6 hanya dapat Rp 225 ribu, kelas 7 dan 9 SMP dapat Rp 375 ribu, siswa kelas 10 dan 12 SMA dapat Rp 500 ribu.

Hal ini dikarenakan siswa kelas awal dan akhir hanya menjalani satu semester dalam satu anggaran. Tahun ajaran dimulai pada Juli sampai Juni di tahun berikutnya. Sedangkan tahun anggaran dimulai pada Januari hingga Desember di tahun yang sama.

Cara Daftar PIP Kemdikbud

Dilansir dari laman resmi Puslapdik Kemdikbud, ada dua cara untuk menjadi penerima PIP Kemdikbud ini, yakni sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah