Manfaat Membaca Asmaul Husna saat Berdoa Beserta Link Download Teks 99 Asmaul Husna Lengkap Beserta Artinya

- 11 April 2022, 14:20 WIB
Ilustrasi Asmaul Husna, manfaat membaca  Asmaul Husna saat berdoa beserta link download teks 99 Asmaul Husna  lengkap beserta artinya.
Ilustrasi Asmaul Husna, manfaat membaca Asmaul Husna saat berdoa beserta link download teks 99 Asmaul Husna lengkap beserta artinya. /pexels/@Fasiih Fawaz

BERITA DIY - Simak berikut manfaat membaca Asmaul Husna saat berdoa beserta link download teks 99 Asmaul Husna lengkap beserta artinya.

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah Swt yang artinya amat sangat baik dan tepat sesuai dengan sifat dzat Allah Swt.

Bagi umat Islam, mengetahui berbagai nama dalam Asmaul Husna memiliki keutamaan yang sangat penting.

Baca Juga: Makna Asmaul Husna Al Wahid Beserta Dalil dari Al-Qur’an Lengkap Arab dan Artinya

Sering sekali kita mendengar pembacaan Asmaul Husna (nama-nama indah Allah) dalam doa-doa, di antaranya doa Ismul A’dham yang masyhur.

Sebagian asmaul husna pun ada yang diamalkan secara khusus dengan diwiridkan dalam jumlah tertentu sesuai ijazah yang diberikan oleh gurunya.

Anda dapat membaca seluruh nama Asmaul Husna yang jumlahnya ada 99 nama setiap hari sebagai bentuk doa dan permohonan.

Baca Juga: 99 Asmaul Husna Nama Baik Allah SWT Lengkap Arab dan Latin Beserta Artinya Bahasa Indonesia

membaca Asmaul Husna saat berdoa merupakan amalan yang dianjurkan Allah SWT dan Rasul-Nya.

Dikutip dari jatim.nu.or.id berikut kebaikan berdoa dengan Asmaul Husna

Syekh Shâlih al-Ja’fari mengatakan:

فَالَّذِي يَدْعُو بِهَا فَقَدِ اسْتَجْلَبَ الْخَيْرَ كُلَّهُ لِنَفْسِهِ وَجَعَلَ الْوِقَايَةَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، فَإِذَا قُلْتَ مَثَلًا الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ الرَّحْمَةَ، وَإِذَا قُلْتَ: اللَّطِيْفُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ اللُّطْفَ... الخ

Baca Juga: Arti Al Karim, Al Matin, Al Mukmin, Al Wakil, Al Jami, Al Akhir: 7 Asmaul Husna untuk Contoh Berperilaku

Artinya: Orang yang berdoa dengan asmaul husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahmân ar-Rahîm, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathîf maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya. (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, halaman 16).

Kesimpulannya, manfaat yang kita dapatkan dari membaca Asmaul Husna, seperti dijelaskan Syekh Shâlih al-Ja’fari, adalah sebagaimana asma yang disebut.

Apalagi jika sudah terbiasa mengimplementasikan asmaul husna dalam sikap kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Daftar 99 Asmaul Husna, Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya, Beserta Link Download MP3

Sebagai contoh pengimplemetasian sifat rahman yang artinya Maha Penyayang, maka bentuk pengimplementasiannya adalah dengan menyayangi seluruh makhluk Allah.

Disebutkan dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât:

 فَذِكْرُهَا نَافِعٌ لِلدُّنْيَا وَالدِّيْنِ وَالآخِرَةِ، وَذِكْرُهَا يُسَمَّى مَجْمَعَ الْخَيْرَاتِ وَمَفَاتِحَ الْبَرَكَاتِ وَمَجَلَّى التَّجَلِّيَاتِ، مَاوَاظَبَ عَلَيْهَا مَكْرُوْبٌ إِلَّا فَرَّجَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ كُرْبَةً، وَلَا مَدْيُوْنٌ إِلَّا قَضَى اللهُ تَعَالَى دِيْنَهُ، وَلَا مَغْلُوْبٌ إِلَّا نَصَرَهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَامَظْلُوْمٌ إِلَّا رَدَّ اللهُ تَعَالَى مَظْلَمَتَهُ، وَلَا ضَالٌّ إِلَّا هَدَاهُ اللهُ، وَلَامَرِيْضٌ إِلَّا شَفَاهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَا مُظْلِمُ الْقَلْبِ إِلَّاَ نَوَّرَ اللهُ تَعَالَى بِهَا قَلْبَهُ

Artinya: Menyebut asmaul husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan dzikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan asmaul husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah utang melainkan Allah tunaikan utangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kedzalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yang sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan asmaul husna. (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, halaman 17.

Baca Juga: Bacaan 99 Asmaul Husna Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Untuk itu, jika sudah mengetahui keutamaan berdoa dengan membaca Asmaul Husna maka perlu kiranya kita mulai mengamalkannya.

Link download teks 99 Asmaul Husna lengkap beserta artinya bisa klik DI SINI.

Dzikir merupakan pertanda hidupnya hati, kualitas dzikir juga berkaitan dengan kebiasaan si pelaku dzikir.

Untuk itu perlunya mengamalkan dzikir secara berkelanjutan, terlebih jika sudah mengetahui keutamaan dan manfaatnya.

Baca Juga: Bacaan 99 Asmaul Husna dengan Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Demikian manfaat membaca Asmaul Husna saat berdoa beserta link download teks 99 Asmaul Husna lengkap beserta artinya.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x