Makna Asmaul Husna Al Wahid Beserta Dalil dari Al-Qur’an Lengkap Arab dan Artinya

- 11 April 2022, 11:45 WIB
 Ilustrasi makna Asmaul Husna Al Wahid. Makna Asmaul Husna Al Wahid beserta dalil dari dari Al-Qur’an lengkap arab dan artinya.
Ilustrasi makna Asmaul Husna Al Wahid. Makna Asmaul Husna Al Wahid beserta dalil dari dari Al-Qur’an lengkap arab dan artinya. /PEXELS/@ROMAN ODINTSOV

BERITA DIY - Setiap Asmaul Husna atau nama-nama Allah memiliki memiliki arti dan makna tertentu. Berikut ini makna Asmaul Husna Al Wahid dalil dari Al-Qur’an lengkap arab dan artinya.

Allah SWT memiliki 99 nama yang disebut dengan Asmaul Husna. Salah satu dari 99 nama itu adalah Al Wahid.

Secara bahasa Al Wahid berasal dari kata wahada yang artinya satu, tunggal, atau esa. Secara istilah Al Wahid memiliki arti Allah Maha Esa, tiada Tuhan yang berhak disembah selain dia.

Baca Juga: Bacaan Asmaul Husna Al Matin Tulisan Arab, Latin, Arti, dan Maknanya Cocok Dibaca Saat Zikir di Bulan Ramadhan

Al Wahid memiliki makna yang sama dengan nama Allah SWT Al Ahad yaitu Yang Maha Esa, Yang Maha Tunggal.

Al-Qurthubi yang merupakan ahli hadis menjelaskan tentang Al Wahid sebagai berikut:

الوَاحِدُ الوِتْرُ، الَّذِي لَا شَبِيْهَ لَهُ، وَلَا نَظِيْرَ وَلَا صَاحَبَةَ، وَلَا وَلَد وَلَا شَرِيْكَ

“Al Wahid Al-Witr (Maha Esa), tidak ada yang serupa dengan-Nya, tidak ada yang sebanding dengan-Nya, tidak memiliki istri maupun anak, dan tidak ada sekutu baginya”.

Nama Allah Al Wahid disebutkan sebanyak 22 kali dalam Al-Qur’an. Berikut ini beberapa dalil Al-Qur’an tentang Al Wahid dikutip BERITA DIY dari Kemuhammadiyahan:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x