Keutamaan Bulan Dzulqa’dah 1445 H Tahun 2024 yang Harus Diketahui, Ini Amalan, Doa serta Dalilnya! 

- 10 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Keutamaan bulan Dzulqa'dah 2024. Ini amalan, doa serta dalilnya!
Ilustrasi - Keutamaan bulan Dzulqa'dah 2024. Ini amalan, doa serta dalilnya! /UNSPLASH/@masjidmpd

BERITA DIY - Berikut ini adalah keutamaan bulan Dzulqa’dah 2024 yang harus diketahui umat muslim lengkap dengan amalan, doa, serta dalilnya. 

Setelah bulan Syawal selesai, maka umat Muslim akan disambut dengan bulan Dzulqa’dah. Pada tahun 2024, bulan Dzulqa’dah jatuh pada tanggal 10 Mei 2024 atau tepatnya pada hari ini. 

Melansir dari laman NU Online Jawa Timur (jatim), Dzulqa’dah adalah permulaan dari empat bulan yang dimuliakan (al-Asyhur al-Hurum). Empat bulan haram atau empat bulan yang dimuliakan itu adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. 

Alasan mengapa disebut Dzulqa’dah adalah disebabkan orang-orang Arab pada masa lalu tidak melakukan perang (qu'ud ‘anil qitaal) di bulan tersebut. 

Bulan Dzulqa’dah sendiri juga memiliki banyak kemuliaan di dalamnya. Oleh karenanya, umat Muslim disarankan untuk melakukan amalan baik pada bulan tersebut. 

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Bulan Dzulqa'dah Terbaru Singkat Lengkap dengan Doa dan Download PDF Gratis

Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ (سورة التوبة: ٣٦)

Maknanya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)” (QS at-Taubah: 36).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah