Bulan Dzulqa'dah 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Keutamaan dan Jenis Ibadah di Bulan Dzulqaidah

- 30 Mei 2022, 10:34 WIB
Ilustrasi bulan Dzulqaidah 2022 jatuh pada tanggal berapa beserta keutamaan dan ibadah yang baik dilakukan.
Ilustrasi bulan Dzulqaidah 2022 jatuh pada tanggal berapa beserta keutamaan dan ibadah yang baik dilakukan. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak bulan Dzulqa'dah 2022 jatuh pada tanggal berapa beserta keutamaan dan jenis ibadah yang baik dilakukan pada bulan yang juga sering disebut dengan Dzulqaidah ini.

Umat Islam akan menyambut bulan ke-11 dalam kalender Hijriyah yang disebut dengan Dzulqa'dah. Namun kapan jadwal bulan Dzulqaidah pada tahun 2022 ini? Simak selengkapnya di sini.

Menurut urutan penanggalan Hijriyah, setelah bulan Syawal maka akan memasuki bulan Dzulqa'dah. Sama seperti bulan lain, Dzulqaidah juga memiliki keutamaan dan ibadah yang baik dilaksanakan oleh umat Muslim.

Baca Juga: Kapan Pergantian Bulan Syawal ke Dzulqaidah 2022? Simak Arti, Keutamaan dan Ibadah di Bulan Dzulqa'dah

Seperti diketahui bahwa 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 yang menandai Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Setelah bulan Syawal, maka umat Islam akan menyambut bulan Dzulqaidah yang merupakan bulan ke-11 pada kalender Hijriyah. Tentunya ini berbeda dengan penanggalan Masehi.

Adapun perkiraan jadwal bulan Dzulqaidah dimulai kemungkinan tanggal 1 Juni 2022. Namun masyarakat hendaknya tetap menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Agama (Kemenag).

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha, Keutamaan dan Waktu Mulai Menjalankan hingga Doa Setelah Sholat Lengkap Arab, Latin

Berbicara tentang keutamaan, bulan Dzulqa'dah tentunya memiliki keistimewaan sehingga umat Islam dianjurkan melakukan serangkaian ibadah.

Bulan Dzulqaidah merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Pada bulan-bulan tersebut, umat Islam sangat dilarang untuk berbuat maksiat maupun melakukan pertengkaran dan pembunuhan.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x