Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah Resmi Menjabat Ketua Menaker se-ASEAN periode 2020-2022

- 28 Oktober 2020, 20:12 WIB
Menaker Ida Fauziyah menjabat Ketua Menaker se-ASEAN periode 2020-2022.
Menaker Ida Fauziyah menjabat Ketua Menaker se-ASEAN periode 2020-2022. /Instagram @kemnaker

BERITA DIY-Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memimpin pertemuan tingkat Menaker se-ASEAN usai serah terima jabatan Chair of ASEAN Labour Minister Meeting (ALMM) untuk periode 2020 hingga 2022, dari Tuan Haji Awang (Malaysia) selaku ketua ALMM periode 2018-2020, melalui hybrid virtual meeting di Jakarta, pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Menaker, Ida Fauziyah menjelaskan, ALMM sendiri merupakan forum diskusi, tukar informasi, dan pengalaman maupun praktek terbaik tentang dampak transformasi digital terhadap pasar kerja dan jenis pendidikan vokasi yang dibutuhkan.

Di dalam forum tersebut juga akan membahas hubungan kerja, dialog sosial dan jaminan sosial bagi pekerja di era ekonomi digital.

Baca Juga: Upah Minimum Karyawan Tahun Depan Tidak Naik Karena Covid-19, Menaker: Ini Jalan Tengah

Pada periode 2020 hingga 2022 ini, Indonesia yang merupakan Ketua ASEAN bidang ketenagakerjaan mengusung tema mempromosikan pekerja ASEAN untuk daya saing, ketahanan, dan ketangkasan dalam menghadapi pekerjaan di masa depan.

Dalam pertemuan tersebut, Menaker Ida Fauziyah juga mengusulkan tiga inisiatif kerja sama dalam bidang ketenagakerjaan, diantaranya:

  1. Mengadopsi deklarasi ASEAN tentang peningkatan pekerja ASEAN untuk daya saing, ketahanan, dan ketangkasan menghadapi pekerjaan masa depan.
  2. Mendorong kerja sama antara negara anggota ASEAN, mitra ASEAN, mitra sosial, dan organisasi internasional, untuk mendukung upaya-upaya dalam mencapai tujuan dari Deklarasi ASEAN tersebut.
  3. menghasilkan langkah-langkah progresif dan milestone dalam mewujudkan daya saing, ketahanan, dan ketangkasan pekerja ASEAN dalam menghadapi pekerjaan masa depan.

Baca Juga: Cara Dapat BLT Banpres UMKM Rp2,4 Juta, Cek Online Daftar Penerima di eform.bri.co.id/bpum pakai KTP

"Kami berharap kerja sama ASEAN bidang ketenagakerjaan ini dapat mendorong dan memberikan kemajuan yang signifikan menuju pencapaian, inisiatif baru di sektor ketenagakerjaan, seperti hubungan industrial, pengembangan keterampilan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan pengawasan ketenagakerjaan," ungkap Menaker, Ida Fauziyah dalam Forum The 26th ASEAN Labour Minister Meeting (ALMM), Rabu, 28 Oktober 2020 tersebut.

Pertemuan Menaker se-ASEAN ini digelar setiap dua tahun sekali, dan dihadiri 10 negara anggota ASEAN. Sedangkan ALMM+3 merupakan pertemuan 10 Menaker se-ASEAN dan tiga negara mitra ASEAN, yaitu Jepang, Republik Korea, dan Republik Rakyat Tiongkok.***

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x