Waspada! Bencana Ini DIprediksi Sampai 2021, BMKG Ingatkan Masyarakat Dampak Anomali La NIna

- 4 Oktober 2020, 07:20 WIB
Waspada Iklim La Nina di Indonesia, BMKG Sebut Beberapa Wilayah Ini Terkena Dampaknya
Waspada Iklim La Nina di Indonesia, BMKG Sebut Beberapa Wilayah Ini Terkena Dampaknya /Pexels/

BERITA DIY - Setelah informasi perihal tsunami 20 meter yang dapat mengancam pesisir selatan Pulau Jawa, kini BMKG kembali mengeluarkan peringatan baru kepada masyarakat.

Peringatan ini tidak hanya di Pulau Jawa saja melainkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pada Sabtu, 3 Oktober 2020 BMKG merilis informasi himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia mengenai anomali La Nina.

Saat ini dibelahan bumi bagian Samudera Pasifik terjadi anomali iklim yang membuat La Nina kini berkembang. La Nina merupakan kondisi yang terjadi di Samudera Pasifik dengan turunnya suhu permukaan air laut yang lebih rendah dibanding kawasan sekitarnya.

Baca Juga: Kabar Terbaru! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Segera Dibuka? Begini Syaratnya

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya Dengan Judul:Waspada Dampak Anomali La Nina, BMKG Ingatkan Masyarakat Indonesia Bencana Ini Sampai 2021

Dilansir dari Portal Jember, suhu permukaan laut di wilayah Pasifik tengah dan timur dalam indeks ENSO (El Nino-Southern Oscillatio) menunjukkan kondisi dingin selama 6 dasarian terakhir di angka yang melewati -0,5 derajat Celcius yang merupakan ambang batas La Nina.

Hingga bulan Agustus sampai September 2020, perkembangan nilai anomali suhu mencapai -0,6 sampai -0,9 derajat Celcius.

Baik BMKG Indonesia maupun pusat layanan iklim Amerika Serikat, Australia dan Jepang memperkirakan intensitas La Nina bakal moderate hingga akhir 2020 dan meluruh di bulan-bulan pertama 2021.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji BPJS Tahap 5 Dijamin Gagal Ditransfer ke Karyawan Ini, Cek agar Cepat Cair

Halaman:

Editor: Galih Nur

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x