Kapan KPU akan Mengumumkan secara Resmi Hasil Pilpres dan Pileg dalam Pemilu 2024, Simak Jadwalnya DI SINI! 

- 14 Februari 2024, 18:14 WIB
Kapan KPU akan mengumumkan secara resmi dari hasil Pilpres dan Pileg pada Pemilu 2024 ? Simak jadwal dan tahapannya di sini!
Kapan KPU akan mengumumkan secara resmi dari hasil Pilpres dan Pileg pada Pemilu 2024 ? Simak jadwal dan tahapannya di sini! /Tangkap layar instagram.com/@kpu_ri

BERITA DIY - Tepat pada hari ini, 14 Februari 2024, sudah melakukan pemilihan Presiden dan Legislatif. Namun, kapan KPU akan secara resmi mengumumkan hasil dari pilpres dan pileg 2024 ini? Simak jadwal lengkapnya di sini! 

Pemilihan umum presiden dan calon anggota legislatif sudah berlangsung pada hari ini Rabu, 14 Februari 2024 dari mulai pukul 07.00 - 13.00 waktu setempat. 

Pasti banyak yang bertanya, kapan KPU akan secara resmi mengumumkan hasil real count dalam pemilu 2024 ini? 

Tentu saja hal ini sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 08 Tahun 2018 yang menjelaskan bahwa perhitungan suara baru bisa dimulai atau dilaksanakan pada pukul 13.00 waktu setempat setelah selesainya waktu pelaksanaan pemungutan suara di TPS. 

Baca Juga: 5 Link Live Streaming Hasil Pilpres Quick Count Perhitungan Suara Pemilu 2024, Mulai Jam Berapa?

Aturan Pengumuman Hasil Pemilu 2024 

Apabila mengacu pada Pasal 413 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, berikut ini adalah aturan pengumuman hasil pemilu 2024. 

Adapun aturan pengumumannya adalah sebagai berikut : 

  • KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 35 (tiga puluh lima) hari setelah pemungutan suara.
  • KPU Provinsi menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPD provinsi paling lambat 25 (dua puluh lima) hari setelah pemungutan suara.
  • KPU Kabupaten/Kota menetapkan hasil perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPRD kabupaten/kota paling lambat 20 (dua puluh) hari setelah hari pemungutan suara. 

Merujuk pada peraturan pasal yang sudah disebutkan mengenai kapan pengumuman hasil pilpres 2024 secara final, baru bisa diketahui sekitar satu bulan. 

Namun masyarakat tak perlu khawatir, meskipun belum diketahui secara resmi hasil akhir dari Pilpres 2024, umumnya beberapa lembaga survei akan mulai mengeluarkan perhitungan hasil quick count dua jam setelah pemungutan suara dilakukan. 

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x