10 Link Twibbon HUT PDIP ke 49, Simak Sejarah Berdirinya PDI Perjuangan yang Diperingati 10 Januari 2022

- 9 Januari 2022, 18:00 WIB
Simak 10 link Twibbon dan sejarah HUT PDI Perjuangan (PDIP) ke 49 tahun.
Simak 10 link Twibbon dan sejarah HUT PDI Perjuangan (PDIP) ke 49 tahun. /Tangkapan layar: Twibbonize.com

BERITA DIY - Simak link Twibbon HUT PDIP ke 49 beserta sejarah partai yang memiliki kepanjangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Momen ini jatuh pada hari Senin, 10 Januari 2022.

Meskipun bukan tanggal merah atau hari libur nasional, tanggal 10 Januari 2022 memiliki momen spesial bagi salah satu partai politik terbesar di Indonesia, sebab PDIP akan melangsungkan HUT yang ke 49 tahun.

HUT PDIP ke 49 yang jatuh pada tanggal 10 Januari 2022 memiliki sejarah panjang. Saat ini, para kader maupun simpatisan juga bisa ikut merayakan dengan memasang foto Twibbon di mana link download tersemat di artikel ini.

Baca Juga: Sejarah dan 10 Link Twibbon HUT PPP, Tanggal 5 Januari 2022 Memperingati Hari Partai Persatuan Pembangunan

Dikutip dari eprints.umm.ac.id, sejarah PDI Perjuangan berawal dari fusi lima parpol, yakni PNI, Parkindo, Partai Katolik, Murba, dan IPKI. Penggabungan kelima partai yang memiliki latar belakang berbeda terjadi pada tanggal 10 Januari 1973.

Lebih lanjut, website DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ponorogo merinci sejarah bahwa sejak awal terbentuknya partai, memang terdapat konflik internal yang berkecamuk ditambah dengan intervensi pemerintah pada zaman Orde Baru.

Oleh karenanya, Megawati Soekarnoputri yang merupakan anak kedia Ir. Soekarno, diusung menjadi Ketum PDI. Namun niatan tersebut terbentur dengan perselisihan zaman Presiden Soeharto.

Baca Juga: Tanggal 3 Januari 2022 Memperingati Hari Apa? Berikut Sejarah Hari Departemen Agama

Pemerintahan melarang dukungan pencalonan Megawati Soekarnoputri yang diumumkan pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada 2-6 Desember 1993 di Surabaya, Jawa Timur.

Meskipun begitu, pelarangan justru berbanding terbalik dengan keinginan peserta KLB yang menginginkan Megawati maju menjadi Ketum DPP PDI periode 1993-1998.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x