BPOM Terbitkan Izin Efikasi Vaksin CoronaVac Sinovac 65,3 Persen, Begini Penjelasannya

- 12 Januari 2021, 16:04 WIB
Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam Converensi Pers EUA Vaksin Covid-19, Jakarta, 11 Januari 2021.
Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam Converensi Pers EUA Vaksin Covid-19, Jakarta, 11 Januari 2021. /Tangkapan Layar instagram.com/@bpom_ri

BERITA DIY-Dilansir dari laman resmi Badan POM (BPOM) pada 11 Januari 2021 lalu, Vaksin CoronaVac SinoVac telah mengantongi izin efikasi sebesar 65,3%.

Izin efikasi yang diberikan CoronaVac SinoVac oleh BPOM merupakan salah satu syarat keamanan tentang khasiat, keamanan, dan mutu vaksin tersebut sebelum diberikan ke masyarakat.

Selain BPOM, terdapat beberapa pihak yang telah melakukan uji klinik terhadap vaksin CoronaVac SinoVac ini sehingga diberikan izin efikasi sebesar 65,3% oleh BPOM.

Baca Juga: Bocoran Harga dan Spesifikasi Oppo Reno5, HP Fitur Fotografi Keren yang Rilis Malam Ini

Pihak tersebut yaitu, Komnas Penilai Obat, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), dan Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia.

Hasil izin efikasi/khasiat tersebut dikantongi CoronaVac SinoVac karena telah sesuai dengan panduan World Health Organization (WHO) tentang pemberian persetujuan EUA untuk Vaksin Covid-19.

Angka yang diperoleh Vaksin CoronaVac SinoVac setelah dilakukan uji klinis di Bandung yaitu sebesar 65,3%, itu berarti telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan WHO.

Baca Juga: Kode Redeem ML Terbaru 12 Januari 2021 untuk Klaim Skin dan Hero Mobile Legends GRATIS

WHO sendiri memiliki kriteria, bahwa Vaksin yang mengantongi izin EUA telah dipantau keamanan data dan khasiat/efikasinya selama 3 bulan pada uji klinik fase 3, dengan efikasi vaksin minimal 50%, sedangkan CoronaVac Sinovac menunjukkan angka 65,3%.

Efikasi 65,3% dari CoronaVac Sinovac ini menunjukkan bahwa dengan vaksinasi dapat menurunkan kemungkinan seseorang terinfeksi virus Covid-19 sebesar 65,3%.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani

Sumber: BPOM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x