Jelang Tahun Baru Islam 2022, Ada Beberapa Amalan yang Bisa Dilakukan Mengisi Waktu 1 Muharram 1444 H

- 21 Juli 2022, 20:20 WIB
ilustrasi - Amalan yang dapat dikerjakan pada 1 Muharram 1444 H atau tahun baru islam 1444 H.
ilustrasi - Amalan yang dapat dikerjakan pada 1 Muharram 1444 H atau tahun baru islam 1444 H. /Pixabay/Christoph

BERITA DIY - Sebentar lagi pergantian Tahu Baru Islam menyambut tahun 1444 H. Ada beberapa amalan baik yang bisa dilakukan saat Tahun Baru Islam.

Tahun Baru Islam 1444 H akan jatuh pada 1 Muharram 1444 H atau bertepatan pada hari Sabtu, 30 Juli 2022. Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender tahun Hijriyah.

Sebagai umat muslim, baiknya menyambut kehadiran bulan Muharram dengan penuh suka cita dan rasa syukur. Sebab masih diberi nikmat dan rezeki umur hingga tahun berganti.

Beberapa amalan yang bisa dikerjakan dalam rangka menyambut 1 Muharram ialah dengan memperbanyak ritual-ritual ibadah seperti puasa, dzikir, atau bahkan ziarah.

Baca Juga: 1 Muharram 1444 H Tanggal Berapa? Ini Daftar Lengkap Amalan Puasa di Awal Tahun Hijiriyah Bulan Muharram

Puasa yang dapat dikerjakan pada bulan Muharram ada Puasa Tasua, Puasa Asyura, Puasa Ayyamul Bidh.

Perlu diketahui, bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT. Hal itu tertulis dalam QS. At-Taubah ayat 36, berbunyi:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (36)

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah SWT ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antara empat bulan haram (bulan Dzulqo’idah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)."

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Tebuireng Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x