Kemensos Cairkan Bantuan BPNT Jelang Lebaran 2024, Berapa Nominal Uang Pencairan Bansos?

- 31 Maret 2024, 14:35 WIB
Pada Maret 2024, pemerintah telah mencairkan sejumlah bansos BPNT dan PKH untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
Pada Maret 2024, pemerintah telah mencairkan sejumlah bansos BPNT dan PKH untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. /Tangkap layar Cilacap Update

BERITA DIY - Informasi Kemensos cairkan bantuan BPNT jelang Lebaran 2024, berapa nominal uang pencairan bansos bulan April 2024?

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dalam menyambut bulan suci Ramadan 1445 H.

Bansos BPNT akan kembali disalurkan menjelang Idul Fitri 2024. "Kami telah menyalurkan bansos, kami telah menyalurkan, sebelum Ramadan kami telah menyalurkannya. Nanti sebelum Lebaran kami akan menyalurkannya lagi, begitu," ujar Risma dikutip dari ANTARA.

Risma mengungkapkan bahwa terdapat dua jenis bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Risma menjelaskan bahwa bantuan tersebut akan dicairkan saat dibutuhkan. Jadi, hanya ada dua jenis bantuan, yaitu PKH dan BPNT.

Baca Juga: Dana KJP April 2024 Kapan Cair? Cek Bansos Pakai NIK Login kjp Jakarta go id Hari Ini

Jadwal pencairan bansos BPNT dan PKH 2024

Pada Maret 2024, pemerintah telah mencairkan sejumlah bansos BPNT dan PKH untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Besaran bansos yang diterima oleh KPM bervariasi. Bantuan BPNT mencapai Rp200.000, sementara PKH berkisar antara Rp225.000 hingga Rp750.000. Adapun untuk PKH, jumlah bantuan yang diterima bergantung pada kategori KPM yang telah ditetapkan oleh Kemensos.

Terdapat beberapa bansos yang akan diberikan April 2024, antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp 600 ribu, bantuan beras 10 kg yang telah dibagikan secara rutin sejak akhir tahun lalu, serta beberapa bansos rutin lainnya, seperti PKH dan BPNT.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, jumlah BLT Mitigasi Risiko Pangan yang akan diberikan sebesar Rp600.000 yang terdiri dari tiga kali pencairan senilai Rp200.000.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x