Asyik! Ada Bantuan Modal Usaha untuk UMKM Rp400.000 Cair via Bank Himbara Desember 2023, Ini Cara Cek Penerima

- 15 Desember 2023, 09:30 WIB
Ilustrasi - Asyik, ada bantuan modal usaha untuk UMKM Rp400.000 cair via bank himbara Desember 2023, cek penerima pakai cara ini.
Ilustrasi - Asyik, ada bantuan modal usaha untuk UMKM Rp400.000 cair via bank himbara Desember 2023, cek penerima pakai cara ini. /PIXABAY/@Emaji

BERITA DIY - Asik, ada bantuan modal usaha untuk pelaku UMKM sebesar Rp400.000 cair melalui bank himbara bulan Desember 2023, khusus ke pelaku UMKM yang masuk kriteria tertentu, begini cara cek penerima.

Program bantuan modal usaha banyak dinantikan oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tahun 2023 ini, seiring dengan kenaikan sejumlah harga pangan.

Seperti pada masa pandemi Covid-19 dimana pelaku UMKM bisa mendapatkan BLT untuk UMKM yang dikenal dengan nama Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang cair melalui bank BRI dan BNI.

Sayangnya, program BPUM telah secara resmi tidak dilanjutkan pemerintah pada tahun 2023 ini karena dinilai pelaku UMKM telah mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang berlangsung.

Baca Juga: Angin Segar untuk UMKM Ini Bisa Dapat Bantuan Rp 750 Ribu Cair Desember Bukan BPUM 2023 BRI efrom.bri.co.id

Namun pelaku UMKM tidak perlu khawatir karena pada akhir tahun 2023 ini, kesempatan untuk mendapatkan BLT untuk UMKM kembali terbuka namun hanya untuk pelaku UMKM yang memenuhi kriteria tertentu.

Program bantuan modal usaha yang diberikan ini bukan berasal dari program BPUM KemenkopUKM namun berupan BLT El Nino dari Kemensos.

Penerima BLT El Nino ini tidak 100 persen adalah pelaku UMKM melainkan KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos, maka pelaku UMKM yang ingin mendapatkan bantuan ini juga wajib terdaftar di DTKS Kemensos.

Besaran bantuan yang diterima dan dapat dijadikan modal usaha adalah Rp400.000 yang cair melalui bank himbara seperti bank BNI dan BRI dan kantor pos.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x