Apakah BLT BPNT Masih Ada di Cek Bansos 2024? Cara Daftar Penerima Bantuan Pangan Berupa Uang Rp 400 Ribu

- 8 Desember 2023, 10:59 WIB
Info apakah BLT BPNT masih ada di cek bansos 2024? Cek cara daftar penerima bantuan pangan berupa uang Rp 400 ribu.
Info apakah BLT BPNT masih ada di cek bansos 2024? Cek cara daftar penerima bantuan pangan berupa uang Rp 400 ribu. /BERITA DIY/IRSA ARDIA

BERITA DIY - Simak info apakah BLT BPNT masih ada di cek bansos 2024? Cek cara daftar penerima bantuan pangan berupa uang Rp 400 ribu.

Bantuan Pangan non Tunai (BPNT) berupa bansos sembako sudah tidak berlaku. Sejak akhir tahun 2020, BPNT menjadi bantuan uang langsung tunai (BLT) dengan nominal Rp 200 ribu per bulan.

Kemudian, penyaluran uang tunai Rp 200 ribu per bulan diwajibkan untuk dibelikan ke toko sembako yang mempunyai atau bertanda e-waroeng.

Pada tahun 2022, penerima BPNT diperbolehkan membelanjakan uang bantuan ke semua toko, asal sesuai dengan tujuan dari BLT.

Baca Juga: Uang Bantuan Rp 200 Ribu Bansos 2024 Kapan Cair dan Cara Daftar Penerima BLT BPNT 2024 Secara Online

Uang BLT BPNT wajib dibelikan ke bahan pangan pokok seperti beras, jagung, telur, susu, minyak goreng, dll. Tidak diperbolehkan untuk membeli rokok hingga deposit judi online.

BPNT hanya disalurkan oleh Bank Himbara (BRI, BNI, atau BSI) atau PT Pos Indonesia dengan pencairan langsung atau diantarkan oleh kurir.

Penyaluran bansos 2023 dilakukan bertahap dan bisa berbeda-beda periodenya dikarenakan jadwal pencairan disesuaikan oleh penerimaan, lewat kantor pos atau bank.

Dari pengalaman penerima BPNT 2023, periode pencairan BLT tiga bulanan dilakukan saat pencairannya di kantor pos atau diantar kurir.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x