BLT PIP Kemdikbud September 2023 Segera Cair di BRI BNI, Cek SK Pemberian Input NISN di pip.kemdikbud.go.id

- 31 Agustus 2023, 11:25 WIB
Ilustrasi- Rekening SIMPEL PIP, BLT PIP Kemdikbud September 2023 segera cair ke BRI dan BNI, cek tanda SK Pemberian dengan input NISN siswa di pip.kemdikbud.go.id.
Ilustrasi- Rekening SIMPEL PIP, BLT PIP Kemdikbud September 2023 segera cair ke BRI dan BNI, cek tanda SK Pemberian dengan input NISN siswa di pip.kemdikbud.go.id. /Tangkap layar instagram.com/@sobatpip
 
BERITA DIY - Berikut BLT PIP Kemdikbud September 2023 segera cair ke BRI dan BNI, cek tanda SK Pemberian dengan input NISN siswa di pip.kemdikbud.go.id.
 
Bantuan PIP Kemdikbud untuk siswa dari keluarga miskin segera cair pada September 2023 ini, segera cek SK Pemberian dengan input NISN di laman SIPINTAR.
 
Pada bulan September ini merupakan pencairan BLT PIP Kemdikbud yang masih tergolong penyaluran tahap 2.
 
PIP atau Program Indonesia Pintar merupakan bantuan uang tunai dari pemerintah untuk siswa sekolah mulai dari jenjang SD - SMA sederajat, yang namanya tercantum dalam SK Pemberian.
 
 
Sedangkan untuk melihat SK Pemberian, siswa perlu untuk mengunjungi situs pip.kemdikbud.go.id dengan input NISN dan NIK.
 
Nantinya jika siswa hanya tercantum dalam SK Nominasi dan bukan SK Pemberian, dana PIP September 2023 ini juga akan dikembalikan ke kas negara dan gagal cair ke rekening BRI atau BNI.
 
Dengan begitu apabila data siswa terdaftar pada laman pip.kemdikbud.go.id, tentunya harus melakukan aktivasi rekening SIMPEL di BRI atau BNI agar uang dapat cair.
 
Namun untuk penyaluran BLT PIP pada bulan September 2023, batas aktivasi rekening sudah ditutup pada 31 Juli 2023 lalu.
 
 
Sementara bagi siswa yang terdaftar di SK Pemberian, berarti siswa sudah melakukan aktivasi rekening dan hanya tinggal menunggu proses pencairan dana ke BRI atau BNI saja.
 
Adapun besaran dana bantuan PIP tetap akan cair berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing penerima.
 
Seperti halnya siswa SD akan mendapatkan pencairan dana yang berbeda dengan siswa SMP atau SMA, yaitu mulai Rp225 ribu hingga Rp1 juta per siswa.
 
Adapun siswa yang berada pada kelas awal dan kelas akhir juga akan mendapatkan besaran dana BLT PIP yang berbeda-beda pula.
 
 
Dengan begitu siswa dan orang tua perlu untuk mengetahui status penerimaan BLT PIP dengan cek melalui pihak sekolah maupun cek secara mandiri melalui pip.kemdikbud.go.id.
 
Sementara ada beberapa hal pula yang dapat mempengaruhi BLT PIP belum juga bisa cair ke rekening BRI dan BNI.

Alasan PIP September 2023 Belum Cair

1. Siswa tidak tercantum di SK Pemberian PIP tahun ini
 
2. Siswa memiliki rekening yang berbeda dengan bank penyalur
 
3. Sudah dilakukan penariman dana sebelumnya
 
4. Masih masuk dalam SK Nominasi PIP
 
5. Belum melalukan aktivasi rekening
 

Cek Status PIP September 2023

1. Buka browser dan kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id
 
2. Input NIK, NISN, dan hasil penjumlahan
 
3. Klik "Cari Penerima PIP"
 
4. Informasi terkait status SK Pemberian atau SK Nominasi akan muncul pada sistem
 
Demikianlah BLT PIP Kemdikbud September 2023 segera cair ke BRI dan BNI, cek tanda SK Pemberian dengan input NISN siswa di pip.kemdikbud.go.id.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah