Cara Daftar BLT BBM dan BPNT Sembako Online Cair Oktober 2022 Lewat HP Bukan Link cekbansos.kemensos.go.id

- 18 September 2022, 12:44 WIB
Cek cara daftar BLT BBM dan BPNT sembako online yang akan cair Oktober 2022 bukan via link cekbansos.kemensos.go.id.
Cek cara daftar BLT BBM dan BPNT sembako online yang akan cair Oktober 2022 bukan via link cekbansos.kemensos.go.id. /Tangkap layar play.google.com/Cek Bansos

BERITA DIY - Simak cara daftar BLT BBM dan BPNT sembako online yang akan cair Oktober 2022. Daftar bansos Kemensos online lewat HP bukan lewat link cekbansos.kemensos.go.id.

Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan jenis bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat miskin, namun harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Cek Bansos merupakan aplikasi yang tersedia online di HP yang dipakai untuk mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat kedua bansos tersbut. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: BSU 2022 Cair Kapan dan Berapa Kali? Lengkap Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 600 Ribu di Kemnaker.go.id

BLT BBM menjadi bantuan sosial yang baru dicanangkan kementerian sosial (Kemensos) sebagai kompensasi atas kenaikan harga BBM yang baru saja dilakukan pada tanggal 1 Sepetmber 2022. BLT BBM ini ditujukan untuk masyarakat miskin atau rentan miskin.

Sementara BPNT merupakan program bansos yang dirancang Kemensos dalam merespon pandemi Covid-19. Sebelumnya, penyaluran bansos BPNT berbentuk sembako. Saat ini sudah berupa uang tunai.

BLT BBM dan BPNT memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh penerima bantuan. Syarat-syarat tersebut yakni penerima manfaat bestatus WNI yang dibuktikan dengan KTP, masuk dalam golongan masyarakat miskin atau rentan miskin.

Baca Juga: Cara Mengecek PKH Tahap 3 untuk Ibu Hamil hingga Lansia Mudah Pakai HP, Hanya Golongan Ini yang Terima Bansos

Selain itu, calon penerima bukan merupakan bagian dari ASN, TNI, Polri. Calon penerima bantuan terdaftar dalam DTKS Kemensos.Apabila belum terdata dalam DTKS, maka tidak bisa mendapatkan dana bansos ini.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah