Rekomendasi 5 Tempat untuk Menikmati Sunrise di Jogja, Mulai dari Harga Tiket Masuk dan Rutenya

- 19 Mei 2023, 18:23 WIB
5 rekomendasi tempat eksotis untuk menikmati sunrise di Jogja, alur rute yang dilalui, dan harga tiket masuknya
5 rekomendasi tempat eksotis untuk menikmati sunrise di Jogja, alur rute yang dilalui, dan harga tiket masuknya /Tangkap layar visitingjogja.jogjaprov.go.id
 
BERITA DIY - Berikut adalah rekomendasi tempat untuk menikmati suasana sunrise di Jogja, DI Yogyakarta. Harga tiket masuk untuk menikmati sunset di jogja segini. Rute ke tempat rekomendasi menikmati sunset di jogja.
 
Menikmati sunset di Jogja bisa kamu kunjungi di beberapa rekomendasi tempat ini.
 
Di Jogja, banyak spot sunrise yang bisa kalian kunjungi. Bahkan orang-orang menyebutnya dengan golden sunrise karena matahari yang terbit memancarkan warna keemasan yang indah.
 

 
Berikut adalah 5 tempat rekomendasi untuk menikmati suasana sunrise di jogja, berapa harga tiket masuknya, beserta rutenya:
 

1. Gunung Ireng

Lokasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Gunung Ireng, nama dari “Gunung Ireng” yang artinya gunung hitam berasal dari bahasa Jawa “ireng” artinya hitam. Lokasinya yang berada di dataran tinggi ini membuat suasana di daerah Gunung Ireng ini sejuk dan dingin, dijamin betah menikmati suasana sunrise disini, perpaduan antara langit, bukit, awan serta pepohonan yang menghiasi indahnya sang surya menyingsing menjadi point view disini.


Lokasi Gunung Ireng ini berada di Ngrancahan, Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak 25,6 Km dari Tugu Yogyakarta dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan kalian dapat menikmati keindahan sunrise yang sangat menawan. Untuk harga tiket masuk di Gunung Ireng ini terbilang murah yaitu Rp5.000 saja.
 

2. Bukit Cendana

Lokasi selanjutnya berada di daerah Kulon Progo bernama Bukit Cendana. Bukit Cendana menawarkan panorama yang sangat mempesona, dengan disediakannya gardu pandang kalian dapat menikmati pemandangan yang tidak terlupakan, hamparan hijau yang memanjakan mata serta luasnya Waduk Sermo terlihat jelas dari atas Bukit Cendana. Untuk mencapai lokasi puncak Bukit Cendana kalian harus berjalan sekitar 5-10 menit saja kemudian kalian dapat menunggu hingga matahari terbit dari arah timur dengan sangat indah.


Untuk lokasi tepatnya Bukit Cendana berada di Tegiri 2, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jarak 38 Km dari Tugu Yogyakarta dengan jarak waktu 1 jam 18 menit. Untuk biaya masuknya juga terbilang murah yaitu Rp5.000 dan untuk parkir Rp2.000 untuk motor.

3. Bukit Panguk

Kemudian untuk lokasi selanjutnya masih berada di daerah perbukitan, yaitu Bukit Panguk. Lokasi bukit ini sangat persis menghadap ke timur, yang membuat view dari bukit ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit. Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi wisata Bukit Panguk pagi hari ketika matahari belum terbit. Lautan awan yang berada di kaki Bukit Panguk serta matahari yang mengintip dari bukit merupakan poin utama pemandangan di Bukit Panguk ini.
 



Lokasi dari Bukit Panguk ini berada di Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak 28 Km dengan waktu tempuh 1 jam 2 menit dari Tugu Yogyakarta. Tiket masuk ke Bukit Panguk sangat murah yaitu Rp3.000 dan untuk parkir cukup Rp2.000 saja. Dengan uang Rp5.000 saja sudah dapat menikmati keindahan sunrise yang tak tergantikan.

4. Bukit Ngisis

Dalam bahasa Jawa, “ngisis” memiliki arti tempat mencari semilir angin sepoi-sepoi. Bukit ini berada di Titik Nol Kebun Teh Nglinggo di ketinggian sekitar 900 mdpl. Dari puncak bukit, kalian bisa menikmati pemandangan yang indah. Saat langit cerah, bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.  Di puncak bukit ini juga, kalian juga bisa menanti sunrise dan sunset. Maka dari itu cocok banget dateng ke wisata ini di pagi hari sebelum matahari menyingsing.


Namun wisata ini juga menawarkan paket camping jika tidak ingin melakukan perjalanan di pagi hari buta. Lokasi bukit ini berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk biaya masuk cukup membayar Rp5.000 saja.
 

5. Pantai Sundak

Tempat yang terakhir adalah pantai, sunrise tidak melulu harus dilihat dari lokasi yang berada di ketinggian, namun dari pantai pun keindahan dari sunrise pun juga tak kalah mempesona. Pantai Sundak menjadi tempat wisata pantai yang asyik untuk dikunjungi, karena pasir putih di tepi pantainya cukup luas, tebing-tebing atau batuan karang yang melengkapi pemandangan di pantai ini, pantai pun masih terlihat eksotis dan masih alami. Untuk mendapatkan sunrise di pantai ini, kalian dapat berangkat ketika matahari masih belum terbit.




Mengingat lokasinya yang cukup luas, tentu banyak sekali aktivitas yang bisa pengunjung lakukan, seperti bermain sepak bola pantai, bermain volly, atau game outbound beramai-ramai sembari menikmati keindahan pantainya.

Untuk lokasi pantai ini berada di Jl. Pantai Sundak, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak cukup jauh yaitu 67 Km atau 1 jam 53 menit perjalanan dari Tugu Yogyakarta.

Itulah 5 rekomendasi tempat untuk menikmati sunrise beserta harga dan rutenya. Tempat ini bisa dinikmati bersama pasangan, teman, ataupun bersama keluarga.***

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x