Lansia Usia 60 Tahun di DIY Bakal Terima Bansos Seumur Hidup? Ini Wacana Skema, Kriteria dan Nomimal Bantuan

- 27 Januari 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi - Lansia usia 60 tahun ke atas di DIY bisa bakal terima bansos seumur hidup, berikut wacana skema, kriteria dan nominal bantuan.
Ilustrasi - Lansia usia 60 tahun ke atas di DIY bisa bakal terima bansos seumur hidup, berikut wacana skema, kriteria dan nominal bantuan. /Pixabay/belajatiraihanfahrizi

BERITA DIY - Benarkah lansia usia 60 tahun ke atas bakal terima bansos seumur hidup? Berikut informasi lengkap wacana tangani kemiskinan di DIY menurut Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Beberapa waktu yang lalu, BPS menyatakan bahwa tingkat kemiskinan yang ada di DIY pada Septemer 2022 tercatat paling tinggi di Pulau Jawa.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X membuat beberapa wacana untuk mengatasi kemiskinan di DIY ini.

Salah satu wacana yang disebutkan adalah akan diberikannya bantuan sosial (bansos) seumur hidup kepada lansia usia 60 tahun ke atas. Bagaimana skemanya? Ini penjelasannya.

Baca Juga: Pencairan Bansos PKH 2023 Mulai Kapan, Apa Masih Cair untuk Anak Balita, Ibu Hamil hingga Lansia?

Dilansir dari laman jogjaprov.go.id, Sri Sultan HB X mengklasifikasikan tingkat kemiskinan masyarakat di DIY untuk bisa menentukan solusi bantuan.

Misalnya lansia berusia 60 tahun ke atas dengan pendidikan terakhir sekolah dasar dan tidak memiliki fasilitas apapun, bisa mendapat bantuan sosial (bansos) seumur hidup.

Wacana pemberian bansos seumur hidup ini pun telah disampaikan Sri Sultan HB X kepada DPRD dan OPD terkait dan mendapatkan respon yang baik.

"Yang pertama kita coba di Gunungkidul sama Kulonprogo dulu. Yang seluruhnya seperti ini, ya, sudah diberi bantuan sosial seumur hidup," ungkap Sri Sultan Kamis, 26 Januari 2023 dikutip dari laman jogjaprov.go.id.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: jogjaprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x